Produsen Robotics AS Kecam Distributor Malaysia Yang Buat Iklan Hina Indonesia

iklan-produk-malaysia-ini-kebangetansangat-jelas-hina-prt-indonesiaEramuslim.com – Neato Robotics mengaku terkejut iklan produk mereka, yakni RoboVac, memicu kemarahan publik Indonesia. Perusahaan asal Kota California, Amerika Serikat ini mengecam pariwara yang dibuat distributor Malaysia tersebut.

Juru bicara Neato Barbara Krause menyatakan, RoboVac Malaysia yang berlokasi di Petaling Jaya, Selangor, bukan distributor resmi robot penyedot debu mereka. Materi iklan tersebut pun tidak pernah dikonsultasikan kepada manajemen Neato.

“Neato juga merasa terganggu dengan adanya iklan tersebut. Perusahaan kami mendukung pelarangan sepenuhnya terhadap persebaran iklan itu,” ujarnya dalam keterangan tertulis seperti yang dimuat merdeka.com (6/2).

Neato menyatakan jika Corvan Technology Sdn Bhd memegang lisensi tunggal impor produk-produk robot penyedot debu sejak Februari 2012, sedangkan iklan yang beredar dibuat tanpa seizin Corvan yang dimiliki pengusaha negeri jiran bernama Kevin Lee, seorang warga Malaysia keturunan Cina.

Selain liar, distributor ini tidak memiliki hak untuk menggunakan merek dagang RoboVac secara sepihak, termasuk untuk kepentingan promosi lewat banner.

Selain itu, materi iklan yang merendahkan pembantu rumah tangga Indonesia tersebut berlawanan dengan semangat pabrikan robot ini.

“Kami menerapkan standar etik yang kuat dan kami menghormati setiap manusia dari bangsa manapun. Tujuan kami membuat robot untuk memudahkan hidup manusia,” ujar Barbara kesal.

Akibat iklan itu, Kementerian Luar Negeri Indonesia mengirim nota protes ke Pemerintah Malaysia. Pembuat pariwara tersebut telah dilaporkan ke Kepolisian Selangor.(rz)