Profil Dokter Li Wenliang, Mengungkap dan Meninggal karena Virus Corona

Eramuslim.com -Dokter Li Wenliang menjadi topik pembicaraan setelah mengungkap dan meninggal karena virus corona atau corona virus. Dokter Li Wenliang membocorkan hasil pemeriksaan pasien yang mengalami SARS, dengan jenis coronavirus yang harus diteliti lebih lanjut.

Kematian dokter Li Wenliang karena coronavirus mendapat berbagai reaksi dari masyarakat. Dokter Li Wenliang sempat mendapat perlakuan tidak menyenangkan setelah membocorkan kasus coronavirus. Ada yang ingin dia menjadi pahlawan, ada juga yang menyesalkan terbatasnya kebebasan berpendapat di China.

1. Lahir dan tempat praktik
Dokter Li Wenliang adalah seorang Manchu yang lahir pada 12 Oktober 1986 di Beizhen, Liaoning. Li adalah mahasiswa kedokteran di Wuhan University yang masuk pada tahun 2004. Dia kuliah selama 7 tahun yang memadukan program bachelor dan master.

Setelah lulus pada 2011, Dokter Li Wenliang bekerja di Xiamen Center of Xiamen University selama tiga tahun. Dokter Li kemudian kembali ke Wuhan pada 2014 untuk bekerja sebagai dokter mata di Wuhan Central Hospital. Li bergabung dengan Partai Komunis China saat menjadi mahasiswa junior.