Putin Ajak AS dan Koalisi Internasional Bersatu Perangi Kelompok Islam Di Timur tengah

Putin130912Eramuslim – Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa dirinya telah memberitahu para pemimpin berbagai negara, termasuk Amerika Serikat, untuk membentuk struktur koordinasi baru dalam memerangi kelompok Islam di Timur Tengah.

Pernyataan ini dikatakan Putin dalam wawancaranya dengan kantor berita Interfax Rusia pada hari Minggu 27 September kemarin, disela sidang Majelis Umum PBB.

“Dari sudut pandang saya, pemberian dukungan militer kepada kelompok bersenjata non-pemerintah adalah sebuah tindakan illegal dan melanggar prinsip-prinsip hukum internasional atau Piagam PBB. Dalam konteks ini kami menawarkan kerjasama dengan negara-negara Barat untuk mencapai beberapa koordinasi untuk mencapai tujuan tersebut,” ujar Putin.

Vladimir Putin melajutkan, “Kami akan senang jika seandainya negara-negara ini bersatu untuk melawan kelompok teroris dan radikal di Timur Tengah.”

Menurut informasi yang didapat, Putin setidaknya telah berbicara dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Raja Yordania Abdullah II, Raja Saudi Salman bin Abdulaziz mengenai masalah ini, serta Menteri Luar AS John Kerry dalam pembicaraanya dengan Menlu Sergey Lavrov beberapa waktu yang lalu. (Dostor/Ram)