Tahun 2018, Arab Saudi Mulai Berlakukan Sistem e-Hajj Untuk Haji dan Umrah

Eramuslim – Jamaah haji diseluruh dunia kini dapat menyelesaikan prosedur pemesanan sistem E-Hajj melalui kantor-kantor haji yang disetujui di negara masing-masing. Sumber resmi di Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menyatakan bahwa pemerintah kini sedang menyiapkan layanan haji melalui jalur elektronik, sebagai bentuk transparansi Kerajaan kepada para Tamu Allah.

Kementerian Haji dan Umrah Saudi telah mengalihkan tugas kepada jalur elektronik terpadu dan menindaklanjuti umpan balik dari penyedia dan penerima layanan. Jalur elektronik ini berusaha untuk mencapai efisiensi tertinggi pada kedatangan dan keberangkatan jamaah. Di samping itu, pihak kementerian juga berusaha meningkatkan layanan yang diberikan selama mereka tinggal di Kerajaan Saudi.

Sumber tersebut mengatakan, bahwa sistem elektronik terpadu itu berasal dari hubungan antara visa Haji dengan layanan seperti tempat tinggal, transportasi, dan makanan yang ditujukan bagi calon jemaah saat mereka masih berada di negara mereka. Sehingga, menurutnya, kementerian bisa memantau layanan yang terdaftar. Karenanya, akan ada pertanggungjawaban segara seandainya terdapat kelalaian atau pelanggaran dalam dokumen yang ditandatangani.