Tentara Elit AS Segera Terbang ke Suriah

special force asEramuslim.com – Puluhan prajurit pasukan elit AS akan segera tiba di Suriah seperti yang dijanjikan oleh pemerintahan Presiden Barack Obama. Demikian kata seorang pejabat senior pada Ahad (22/11) waktu setempat atau Senin (23/11) WIB. Pasukan itu akan bertugas mengatur pasukan lokal untuk memerangi kelompok bersenjata IS yang memproklamirkan diri di bagian utara Suriah.

“Mereka akan berangkat segera,” kata utusan khusus, Brett McGurk, kepada program televisi CBS ‘Face the Nation’.

Pada akhir Oktober, Obama menugaskan tidak lebih dari 50 pasukan operasi khusus untuk bertugas di kawasan itu sebagai penasehat non-kombatan untuk membantu mengkoordinasikan pasukan darat lokal dan koalisi upaya anti-IS.

Ini menandai pengiriman resmi pertama pasukan AS di Suriah sejak koalisi internasional dibentuk untuk melawan kelompok pelaku kekerasan.

Pasukan AS akan membantu koalisi Arab-Kurdi yang terdiri dari milisi utama Kurdi Suriah yaitu Unit Perlindungan Rakyat (YPG), kelompok Arab dan Kristen Suriah.

”Kekuatan-kekuatan lokal telah melakukan operasi yang sangat sukses,” kata McGurk. “Mereka difokuskan untuk mengisolasi ibukota ISIL di Raqqa.”

Dia mengatakan mereka telah merebut kembali sekitar 1.100 kilometer persegi (435 mil persegi) dalam dua minggu terakhir dan menewaskan sekitar 300 petempur IS.

”Koalisi pimpinan AS bertujuan untuk menekan dan melemahkan mereka di pusat IS di Irak dan Suriah melalui beberapa serangan terkoordinasi,” kata McGurk.

”Koalisi ini juga mencoba untuk memotong akses IS ke perbatasan Suriah untuk memotong rute akses utama antara Raqqa dan kota Irak Mosul,” papar McGurk.(ts)