free hit counters
 

Kisah Wasit Perempuan Berhijab Pertama di Sepakbola Inggris

Eramuslim – ANDA mungkin pernah melihat wasit perempuan di pertandingan sepakbola. Namun pernahkah Anda melihat wasit perempuan berhijab, Islam, dan berkulit hitam?

Jika belum, perkenalkan Jawahir Roble, atau biasa dipanggil JJ, wasit pertama di sepakbola Inggris yang merupakan perempuan berhijab, Islam, dan berkulit hitam.

“Nama saya Jawahir Roble, saya wasit pertama perempuan muslim, berjilbab, dan berkulit hitam. Tapi Anda bisa memanggil saya JJ,” ujarnya dalam video yang diunggah BBC beberapa waktu lalu.

JJ mengatakan ketika memimpin pertandingan sepakbola di Inggris, para pemain tampak syok. Sepertinya mereka tidak mengira pertandingan bakal dipimpin perempuan, dan berjilbab lagi.

“Sebagai perempuan di dunia sepakbola, jadi saat pertama kali saya menjadi wasit, wajah para pemain terlihat sangat syok. Mereka terkejut melihat saya,” ujarnya.



Lalu bagaimana ceritanya perempuan berhijab ini bisa jadi wasit sepakbola?

Keluarga JJ hijrah dari Somalia ke Inggris untuk memulai hidup baru setelah perang sipil pecah di negara mereka.

“Saya pertama tiba di London, usia saya 10 tahun. Sebagai penggemar sepakbola, mengetahui bahwa rumah Anda di Inggris, berlokasi di Wembley, itu seperti mimpi jadi kenyataan,” kata JJ.

“Orangtua saya tidak setuju saya bermain sepakbola. Karena saya anak perempuan, saya tidak boleh berlari-larian. Setiap pulang ke rumah, saya sembunyikan sepatu sepakbola dan cepat-cepat berganti mengenakan baju biasa,” tambahnya.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Dakwah Mancanegara Terbaru

blog comments powered by Disqus