free hit counters
 

Awas! Orang Munafik Pemecah Belah Umat

Zaid bin Arqam yang mendengar hal itu, kemudian melaporkannya kepada Rasulullah Saw. Saat itu beliau sedang berada bersama Umar Ibnul Khaththab. Umar berkata, Suruh saja Ubad bin Basyar untuk membunuhnya.

Mendengar perkataan Umar, Rasulullah Saw berkata, Bagaimana kalau orang-orang nanti berbicara bahwa Muhammad membunuh sahabatnya. Tidak, jangan demikian. Lebih baik kita berangkat saja ke Madinah dengan cepat.



Mereka berangkat pada waktu yang biasanya Rasulullah Saw tidak pernah menggunakannya untuk berjalan. Setelah tahu bahwa Rasulullah Saw telah mengetahui kejadian itu, Abdullah bin Ubay pun mendatangi beliau dan bersumpah bahwa ia tidak pernah mengatakan hal yang demikian karena dia itu termasuk orang yang terkemuka dan terhormat di kaumnya. Kemudian orang-orang yang bersama Rasulullah Saw berkata kepada beliau untuk membela Abdullah bin Ubay sembari menyalahkan Zaid bin Arqam, Wahai Rasulullah, kemungkinan orang yang mengabarkan hal itu salah bicara dan lupa dengan yang ia dengar, kata mereka.

Setelah mereka memulai perjalanan, datanglah Usaid bin Hudhair sahabat senior Anshar/tokoh Madinah- menemui Rasulullah Saw, memberi hormat kepada beliau dan berkata, Wahai Rasulullah, engkau telah melakukan perjalanan pada waktu-waktu yang tidak biasanya.

Rasulullah Saw menjawab, Tidakkah kamu dengar apa yang dikatakan temanmu? Ia tidak paham dan bertanya, Teman? Siapa wahai Rasulullah?. Abdullah bin Ubay bin Salul, jawab beliau. Kemudian ia bertanya lagi, Apa yang ia katakan? Beliau menjawab, Ia bilang bahwa nanti sesampainya di Madinah, orang-orang yang mulia akan mengusir orang-orang yang hina (maksudnya Muhajirin).

← Halaman sebelumnya Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Tafakur Terbaru