free hit counters
 

Apa itu Asam Lemak Omega-3? Apa yang Omega-3 Lakukan?

EramuslimAdvertorial – Omega-3 adalah jenis spesifik dari asam lemak tak jenuh ganda . Yang artinya ikatannya mengandung lebih dari satu ikatan rangkap dalam struktur kimianya. Angka “3” mengacu pada letak ikatan rangkap pertama dalam struktur kimia

Tubuh Anda dapat mensintesis asam lemak jenuh, tetapi Anda tidak memiliki enzim yang memungkinkan Anda untuk menempelkan ikatan rangkap di tempat yang tepat untuk membuat omega-3 sendiri. Sehingga Omega 3 harus didapat dari luar
Empat omega-3 yang paling umum ditemukan dalam makanan adalah ALA, EPA, ETA dan DHA.

Alpha-linolenic Acid (ALA):  omega-3 nabati ini ditemukan dalam sayuran berdaun hijau; biji rami dan biji chia; dan minyak canola, kenari, dan kedelai (walaupun minyak tengik itu bukan yang saya rekomendasikan).

ALA dikenal sebagai rantai pendek omega-3. Ini berarti tubuh Anda harus mengubahnya menjadi EPA dan DHA yang dirantai lebih lama untuk mensintesisnya. Proses ini agak tidak efisien, dan hanya sekitar satu persen dari ALA yang Anda konsumsi dikonversi ke versi rantai panjang yang dibutuhkan tubuh Anda (walaupun persentase ini sedikit lebih tinggi untuk wanita).

Eicosapentaenoic Acid (EPA):  EPA adalah asam lemak 20-karbon yang ditemukan pada ikan berminyak, minyak ganggang dan minyak krill . Tubuh Anda dapat mensintesis molekul ini dalam bentuk aslinya. EPA dan DHA adalah omega-3 yang dibutuhkan tubuh Anda dalam jumlah tinggi untuk mencapai manfaat yang dibutuhkan.

Eicosatetraenoic Acid (ETA):  ETA adalah asam lemak omega-3 yang kurang dikenal yang juga mengandung 20 karbon, seperti EPA, tetapi hanya empat ikatan bukan lima. Ini banyak ditemukan dalam minyak telur dan kerang hijau. Baru-baru ini telah diakui karena manfaat kesehatannya yang kuat. Tidak hanya anti-inflamasi, seperti omega-3 lainnya, tetapi ETA juga dapat membatasi produksi asam lemak omega-6 inflamasi asam arakidonat (ARA) dalam tubuh.

Docosahexaenoic Acid (DHA):  Molekul 22-karbon ini juga ditemukan pada ikan berminyak, minyak krill, dan minyak ganggang. Tubuh Anda mengubah beberapa molekul DHA kembali ke EPA untuk menjaga mereka pada tingkat yang cukup sama jika Anda mengkonsumsi lebih banyak DHA .

Bisakah Anda Mengalami Kekurangan Omega-3?
Kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup asam lemak omega-3, ini menurut sebuah analisis dan tinjauan sistematis data diet tentang makanan orang dewasa di AS pada tahun 2003-2008. Tidak ada nilai harian resmi yang ditetapkan untuk omega-3, tetapi American Heart Association merekomendasikan dua atau lebih porsi ikan 3,5 ons (dalam bentuk minyak, jika mungkin) setiap minggu.
Secara umum, sebagian besar organisasi kesehatan sepakat 250-500 miligram EPA dan DHA digabungkan setiap hari adalah jumlah yang wajar untuk mendukung individu yang sehat. Namun, orang dengan masalah jantung (atau mereka yang berisiko tinggi terkena penyakit jantung), depresi, kegelisahan dan kanker (dan mungkin lebih banyak kondisi) dapat mengambil manfaat dari dosis yang lebih tinggi – hingga 4.000 miligram per hari untuk beberapa kondisi yang berhubungan dengan jantung.

Pada tahun 2009, Sekolah Kesehatan Masyarakat Harvard menerbitkan ulasan tentang faktor – faktor risiko individu yang disebabkan oleh kematian spesifik. Menurut perkiraannya, asupan omega-3 yang rendah berada di urutan kedelapan dalam daftar faktor risiko paling serius yang berkontribusi pada kematian, dengan label itu bertanggung jawab atas 96.000 kematian di AS setiap tahun.

Untuk mendapatkan semua manfaat omega-3, mungkin sulit bagi sebagian orang untuk memakan jumlah minyak ikan yang diperlukan, terutama dengan  bahaya ikan budidaya yang terkenal , yang lebih mudah tersedia bagi kebanyakan orang Amerika. Itu sebabnya beberapa orang mempertimbangkan suplemen omega-3 berkualitas tinggi sebagai tambahan dari diet yang lengkap.

Pertama, mari kita lihat mengapa sangat penting untuk mendapatkan omega-3 yang cukup.

Makanan Omega-3 dipercaya membantu menurunkan risiko penyakit jantung karena kemampuan anti inflamasinya. Mereka juga diperlukan untuk menjaga fungsi neurologis yang tepat, pemeliharaan membran sel, pengaturan suasana hati dan produksi hormon.

Inilah alasan mengapa makanan omega-3 dikenal sebagai sumber “lemak baik” , jenis yang menyediakan asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) yang dikenal sebagai asam alfa-linolenat.

Rata-rata orang menderita kekurangan omega-3 karena dia tidak memasukkan makanan omega-3 terbaik dalam diet mingguannya, seperti ikan, sayuran laut / ganggang, biji rami, atau daging yang hewannya diberi makan rumput.

Apa risiko mengonsumsi terlalu sedikit omega-3 (ditambah terlalu banyak omega-6s)?

Peradangan (terkadang parah)
Risiko lebih tinggi untuk penyakit jantung dan kolesterol tinggi
Gangguan pencernaan
Alergi
Radang sendi
Nyeri sendi dan otot
Gangguan mental seperti depresi
Perkembangan otak yang buruk
Penurunan kognitif



Jika anda mencari sumber Omega 3 yang lengkap, bahkan berasal dari sumber hewani dan Nabati dalam satu kemasan, maka SALMONLIVE adalah produk yang anda cari. SALMONLIVE diracik dari 3 sumber Omega 3 alami terpercaya, yakni EVOO (Extra Virgin Olive Oil), NSO (NIgella sativa Oil) dan Salmon Fish Oil .

Kekuatan khasiatnya tak diragukan lagi. Kami menyebutnya TRIPLE POWER, 3 sumber kekuatan Omega 3 alami .

SAAT INI … SEDANG ADA PROMO GRATIS LANGSUNG PECI CAP HANYA DENGAN BELANJA MINIMAL 100 RIBU.

Segera pesan produk SALMON LIVE dan produk Habbats lainnya
Dengan langsung menghubungi :
Team Internet Marketing Habbats
Tlp/WA : 0812-2171-7224
Info lebih lanjut : www.habbats.co.id

Klinik Sehat Terbaru

blog comments powered by Disqus