free hit counters
 

Masih Keluar Darah

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

saya baru saja melahirkan seorang anak laki-laki dua bulan yang lalu, ketika masa nifas sebelum 40 hari darah saya sempat berhenti seminggu, kemudian keluar lagi sampai sekarang, hanya saja darah yang keluar tidak sebanyak darah pasca melahirkan ataupun darah haid saya, apakah itu normal dok?

Assalamu’alaikum Wr.Wb.



Masa nifas umumnya berlangsung selama 40 hari, jika sebelum 40 hari sudah sempat berhenti (bersih) selama satu minggu dan sekarang keluar lagi, ada kemungkinan darah tersebut adalah darah haid. Untuk mengetahui darah haid, ibu bisa membandingkan apakah darah tersebut sama seperti darah haid sebelumnya serta lamanya keluar darah tersebut.

Karena memang ada beberapa wanita yang cepat sekali pulih kondisi rahimnya dan subur kembali, sehingga begitu masa nifas selesai langsung diikuti dengan menstruasi. Dan Ibu termasuk salah satu diantaranya, dan hal ini masih dikategorikan sesuatu yang normal.

Tetapi jika keluar darah tersebut tidak seperti haid sebelumnya, dan lama tidak berhenti, maka itu termasuk bukan darah haid. Sebaiknya Ibu segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya. Terimakasih (sf/)

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Klinik Sehat Terbaru