free hit counters
 

Dialog Imam Ahmad bin Hambal dengan Allah dalam Mimpi

Eramuslim.com – Syekh Maulana Muhammad Zakariyya Al-Kandahlawi menyampaikan, membaca Alquran adalah cara yang paling baik untuk taqarub kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Pendapat berdasarkan hadis riwayat Hakim Abu Daud.

Dialog Imam Ahmad bin Hambal dengan Allah dalam Mimpi. Ilustrasi sekeluarga mengaji, mengaji sekeluarga, mengaji bersama, ngaji bersama.

“Dari Sayyidina Abu Dzar ra Baginda Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya kalian tidak akan kembali kepada Allah SWT dengan membawa sesuatu yang lebih utama melebihi membawa apa yang keluar darinya, yaitu Alquran.”

Faedah hadits hadis di atas Menurut Syekh Zakariyya berdasarkan beberapa riwayat jelaslah tidak ada yang dapat mendekatkan kita kepada Allah SWT melebihi Alquran. Imam Ahmad bin Hambal Rah.a berkata.

“Aku berjumpa dengan Tuhanku di dalam mimpiku dan aku bertanya kepada-Nya apa yang terbaik untuk mendekatkan diri kepada-Mu? “Jawabnya,” Ahmad! kalam-Ku (Alquran). “Aku bertanya membaca dengan memahaminya atau tanpa memahaminya?  Allah SWT berfirman “Memahaminya atau tidak keduanya akan mendekatkan kepadaku.”



Jelaslah bahwa cara terbaik mendekatkan diri kepada Allah SWT Allah dengan Alquran.

Diterangkan di dalam tafsir Syekh Baqiyyatus Salaf, Hujjatul Khalaf Syekh Abdul Aziz Dahlawi Rahmatullah alaih yang Kesimpulannya adalah bahwa suluk kepada Allah SWT yakni untuk mencapai derajat Ihsan kepada-Nya atau mendekatkan diri kepada-Nya, dapat dilakukan dengan 3 cara.

“Tasawwur atau tafakkur, dzikir lisan tilawat Alquran,” katanya.

[Republika]

Oase Iman Terbaru