free hit counters
 

Resensi Buku: 560 cara Perangkap Iblis…Perlu Diketahui !

Redaksi – Rabu, 22 Zulhijjah 1438 H / 13 September 2017 15:01 WIB

iblisEramuslim.com – Sungguh, Syetan diciptakan untuk menggoda manusia secara totalitas dalam dua aspek tersebut (untuk melakukan apa yang mestinya ditinggal, dan meninggalkan apa yang mestinya dilakukan). Adalah suatu keniscayaan bagi orang yang berakal untuk mewaspadai sang musuh (syetan) yang telah memproklamirkan permusuhannya sejak zaman Adam ‘Alayhis sallam-. Syetan telah menyerahkan seluruh hidup dan jiwanya untuk menghancurkan sepak terjang anak cucu Adam

Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan kita untuk bersikap waspada terhadap syetan. Allah berfirman:”Dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syetan. Sungguh, syetan itu musuh yang nyata bagimu. Sesungguhnya (syetan) itu hanya menyuruh kamu agar berbuat jahat dan keji, dan mengatakan yang tidak kamu ketahui tentang Allah. ” (Qs. Al Baqarah [2]: 168-169)

Dari Jabir radhiyallahu’anhu bahwasannya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallm bersabda: “Sungguh, iblis telah putus asa atas orang-orang yang shalat , untuk mau menyembahnya ( iblis ). Akan tetapi, dia selalu menghasut mereka.“ (HR Muslim 1816)

Dan Sungguh, Fitnah dan tipu daya syetan sangat banyak. Pada sebagian lembar demi lembar akan diulas secara mendalam buku talbis Iblis. Dalam buku Talbis Iblis karya Imam Ibnul Jauzi rahimahullah , beliau mengulas metode pemaparan beberapa masalah yang diperdebatkan oleh para ulama madzhab, perilaku para ahli fiqih, ahli hadits, ahli bahasa, pakar lughoh , ahli baca Al Qur’an (qurra), dan lain sebagainya, rnenerangkan kekeliruan yang dihembuskan Iblis kepada mereka, yang dilengkapi dengan ulasan, komentar, dan kritik. Ibnul Jauzi rahimahullah mengulas masalah tersebut secara sistematis: madzhab per madzhab, dan karakter demi karakter; memilah mana pendapat yang benar dan mana yang salah; dan mengonter berbagai asumsi tidak benar yang dikemukakan para ulama

Buku ini terdiri dari tiga belas bab. Uraian terpanjang terdapat pada bab kelima tentang “Tipu Daya Iblis dalam Masalah Akidah dan Agama” dan bab kesepuluh tentang “Tipu Daya Iblis terhadap Aliran Sufi”. Pada bab kesepuluh ini, Ibnul Jauzi mengurai secara panjang lebar masalah tersebut setebal lebih dari 200 halaman, sebanding dengan setengah tebal buku ini. Bab ini menempati posisi terpenting dan bahasan paling menarik, kitab Talbis Iblis pada porsi yang cukup besar membahas tuntas talbis iblis pada kalangan sufi tasawuf, pada bab tersebut tidak lepas dari semangat zaman kala Ibnul Jauzi hidup. Saat itu, tasawuf mengalami perkembangan sangat pesat dan melahirkan berbagai aliran.

Untuk menghadapi konfrontasi dengan paham yang telah melahirkan berbagai perbuatan khurafat, takhayul, dan mistis ini, sangatlah tepat bila Ibnul Jauzi mengulas sangat mendetail tentang tasawuf dan sufi. Terlebih, pemikiran mereka sudah terlanjur merebak dan menjangkiti kalangan awam di mana pun sepanjang zaman, kecuali mereka yang dirahmati Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Seluruh uraian yang dipaparkan dalam buku ini mengacu pada dalil naqli yang shahih dan dalil aqli yang kuat berikut ilustrasi yang mudah dipaharni dan dicerna oleh pembaca. Selamat membaca…!

Buku “Perangkap Iblis”

Judul asli: Al Muntaqo Nafis min Talbis Iblis

Penulis: Imam Ibnul Jauzi

Harga: Rp 120.000 (belum termasuk ongkos kirim)

Bagi yang berminat memesannya, silahkan pesan ke sms 085811922988 atau email ke [email protected]

loading...

Resensi Buku Terbaru

blog comments powered by Disqus