free hit counters
 

Ditemukan 2 Meter di Bawah Laut: Benteng Misterius VOC Di Pasar Ikan Jakarta

Eramuslim.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada bulan Mei 2016 lalu, memindahkan warga di daerah Luar Batang, Jakarta Utara dan sekitarnya, untuk mengembalikan kawasan Kampung Akuarium, Pasar Ikan, Penjaringan dan sekitarnya menjadi seperti semula.

Dalam prosesnya, mereka menemukan Benteng Bastion peninggalan zaman Belanda (VOC) di sekitar lokasi. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta langsung menggandeng tim arkeolog dari Universitas Indonesia (UI).

Ditemukan Beberapa Bangunan Kuno

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengatakan bahwa waktu penggalian, sudah ditemukan dinding yang pintunya bulat. Ternyata (benteng) sudah tenggelam dua meter di bawah muka laut, dan ada fotonya zaman Belanda. Panduannya adalah foto-foto kawasan Pasar Ikan pada tahun 1800-an tersebut.

Dilokasi, Ahok juga memberikan contoh sambil menunjuk ke sebuah pos penjaga peninggalan asli VOC untuk berdiri prajurit. Bentuk yang asli itu masih ada, tetapi ternyata ada yang di bawah, alias tenggelam di bawah air laut, termasuk pintu bulatnya.

Penggalian untuk restorasi ini akan dilakukan di beberapa titik, karena yang ditemukan bukan hanya bagian benteng, misalnya ditemukan pula seperti pintu gerbang benteng.

Selain benteng, pada zaman VOC Belanda dahulu juga terdapat jembatan di kawasan tersebut. Pemprov DKI Jakarta sudah menggali untuk memperdalam sungai, ternyata ditemukan juga pondasi jembatan. Sesuai dengan foto tua kawasan tersebut memang memiliki jembatan.



North Batavia in 1840

North Batavia in 1840

Bangunan Kuno Akan Dikembalikan Seperti Semula

Meski benteng sudah tenggelam, Pemprov DKI Jakarta tetap akan melakukan restorasi dan berencana ingin mengembalikan semua banunan kuno menjadi seperti semula.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3 4

Tahukah Anda Terbaru