Kini, Kutub Selatan “Sudah” Tanpa Es

kutub selatan tanpa esSeperti apakah kutub selatan tanpa diselimuti oleh es? Baru-baru ini badan antariksa Amerika Serikat, NASA, menunjukkan gambar kutub selatan yang “gundul” tanpa es.

Tampak kering dan gersang, wilayah Antartika ini tidak memiliki kandungan es yang menutupi permukaannya. NASA dapat menciptakan gambar tersebut melalui bantuan simulasi komputer.

Dilansir Slashgear, (6/6/2013), gambar yang dirilis NASA menunjukkan benua dingin Antartika yang tidak tertutup oleh es. Ini membuat wilayah tersebut seperti tanah datar yang ‘membosankan’.

Simulasi komputer berhasil memperlihatkan bahwa Antartika sesungguhnya merupakan area yang bergelombang. Proyek simulasi ini kabarnya dinamakan Bedmap2, yang diprakarsai oleh British Antarctic Survey.

NASA juga berkontribusi pada proyek tersebut dengan melakukan pengukuran permukaan melalui satelit ICESat yang kini telah dipensiunkan. Data yang diperoleh telah dikumpulkan sejak satu dekade lalu.

NASA mengungkapkan, benua Antartika ini dilapisi oleh es besar. Ketebalan es yang menutupi beberapa titik di permukaan kutub ini bisa mencapai hingga 3 kilometer.

Ternyata, es ini di kutub selatan ini tidak tinggal diam. Es tersebut mengalir secara terus menerus ke laut. Gambar ini juga bisa menunjukkan seperti apa batuan dasar di wilayah Antartika.(Okz/SlashGear/KH)