Menlu Malaysia dan Indonesia Terbang ke Myanmar Bahas Masalah Pengungsi Muslim Rohingya

rohingyaEramuslim.com – Menteri Luar Negeri Malaysia Anifah Aman bertolak ke Myanmar kemarin (21/5) untuk membahas soal isu pengungsi. Seperti dimuat Channel News Asia, agenda utama Anifah adalah untuk bertemu dengan Menteri Luar Negeri Myanmar U Wunna Maung Lwin di Nay Pyi Taw. Keduanya akan bertukar pikiran soal kasus pengungsi dan perdagangan manusia yang belakangan ini menjadi sorotan masyarakat Asia Tenggara.
Hal itu terjadi menyusul banyaknya pengungsi yang mayoritas merupakan warga Rohingya yang angkat kaki dari Myanmar dan membanjiri sejumlah negara tetangga seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand.
Seperti dimuat Channel News Asia, pertemuan itu digelar satu hari setelah Menteri Luar Negeri Indonesia, Malaysia, dan Thailand menggelar pertemuan di Kuala Lumpur untuk membahas isu yang sama.
Dalam pertemuan di Kuala Lumpur, disepakati bahwa Indonesia dan Malaysia tidak akan memukul mundur perahu pengungsi dan akan memberikan penampungan sementara bagi sekitar 7 ribu pengungsi Rohingya.

Pada hari yang sama kemarin, Menlu RI Retno juga ke Myanmar untuk urusan yang sama. (rz)