Meski Mengecam Pelanggaran HAM Di Mesir,AS Tetap Akan bantu Perekonomian Mesir

kekerasan di mesirDepartemen Luar Negeri AS membuat pernyataan keras terhadap rezim Mesir, AS menuduh rezim telah melakukan pelanggaran besar-besaran terhadap hak asasi manusia.

Amerika Serikat mengatakan pada hari Rabu bahwa upaya yang AS lakukan untuk meningkatkan perekonomian Mesir tidak berarti AS menerima segala pelanggaran hak asasi manusia yang terjadi disana.

Juru bicara Departemen Luar Negeri, Jennifer Sacchi, menyatakan saat jumpa pers di kementerian di Washington: “Perhatian kami pada kasus HAM di Mesir dan pembatasan terhadap masyarakat sipil telah diketahui secara baik dan tidak berubah, tapi kami juga tahu bahwa salah satu tantangan yang dihadapi oleh rakyat Mesir selama dua tahun terakhir adalah pertumbuhan ekonomi yang lemah dan menyikapi peluang ekonomi. ”

Dia menunjukkan bahwa “investasi internasional dalam perekonomian Mesir, akan mendukung rakyat Mesir, dan kami percaya bahwa menarik perusahaan asing untuk tujuan ini akan meningkatkan perekonomian Mesir dan menambah lapangan kerja di dalam negeri, hal itulah yang akan dapat membantu orang-orang Mesir, karena itu merupakan hal yang efektif untuk menjaga stabilitas dalam jangka yang panjang.”

Ia juga menunjukkan bahwa dukungan terhadap ekonomi Mesir “tidak berarti bahwa kami akan menghentikan dialog kami pada tingkat diplomatik tentang keprihatinan kami terhadap catatan mereka terkait hak-hak asasi manusia, dan langkah-langkah yang telah mereka lakukan untuk memadamkan protes.

Sebuah delegasi dari American Chamber of Commerce, dengan partisipasi dari Departemen Luar Negeri, telah memulai kunjungan ke Kairo Minggu lalu, dan termasuk sejumlah pejabat perusahaan besar AS, hingga 66 perusahaan, dan lebih dari 100 pengusaha.

The Menteri Keuangan (Keuangan) Amerika Jacob J-Lo, selama kunjungannya ke Mesir akhir bulan lalu menyatakan bahwa negaranya akan memberikan program bantuan senilai $ 200 juta untuk Mesir selama periode mendatang untuk mendukung perekonomian dalam negeri, tanpa menetapkan waktu tertentu untuk memberikan bantuan tersebut.

Washington telah memberikan kepada Mesir sekitar US $ 1,5 miliar bantuan tahunan (termasuk 1,3 miliar dalam bantuan militer) sejak penandatanganan perjanjian damai dengan Kairo “Israel” pada tahun 1979. (hr/im)