Para Biksu Budha Buat RUU Pelarangan Pernikahan Budha dan Muslim

Ban BuddhistMenambah ketegangan kerusuhan agama di Burma, sekitar 200 biksu senior telah menyusun RUU pembatasan pernikahan antara pernikahan antara Buddhis dan  Muslim.

RUU tersebut terungkap pada Kamis lalu dalam sebuah konvensi di Rangoon dihadiri oleh sekitar 200 para biksu senior Buddha.

Pertemuan berlangsung dua hari, membahas rancangan undang-undang baru untuk mencegah pernikahan beda agama antara perempuan dan laki-laki Buddhis dan Muslim.

“Kami mengadakan pertemuan ini dengan tujuan melindungi ras Buddha dan agama kita, dan juga untuk memiliki perdamaian yang harmoni di komunitas kami,” kata U Dhammapiya, seorang biarawan senior dan juru bicara konvensi.

U Wirathu, seorang biksu ekstremis nasionalis yang telah memimpin banyak demonstrasi vokal terhadap Muslim Burma, mengatakan ia senang dengan rencana tersebut.

“Saya telah memimpikan undang-undang ini untuk waktu yang lama. Hal ini penting untuk memiliki undang-undang ini agar melindungi perempuan Buddhis kami, “katanya saat konferensi pers.

Wirathu memimpin kontroversial kampanye 969 yang sedang  berlangsung di seluruh Burma dan mendorong umat Buddha untuk tidak melakukan bisnis dengan Muslim dan hanya mendukung bisnis sesama Buddhis. (OI.net/Dz)