Berapa Bantuan Yang Diberikan AS Untuk Israel Setiap Tahunnya?


Ya, berapa bantuan yang diberikan AS untuk Israel setiap tahunnya? Menurut John J. Mearsheimer dan Stephen M. Walt, sejak perang Oktober 1973, Washington telah menggelontorkan dana yang sangat besar melebihi bantuannya ke negara manapun di dunia ini.

Pada tahun 2003, Israel total menerima bantuan dari AS mencapai lebih dari US $ 140 milyar. Jadi jika dikalkulasikan, Israel menerima sekitar $ 3 milyar langsung setiap tahunnya, yaitu sekitar seperlima dari seluruh anggaran bantuan luar negeri Amerika.

Dalam per kapita, Amerika Serikat memberikan Israel subsidi langsung senilai sekitar $ 500 per tahun. Sumbangan ini terutama sangat mencolok ketika orang menyadari bahwa Israel sekarang adalah sebuah negara industri yang kaya dengan pendapatan per kapita kira-kira sama dengan Korea Selatan atau Spanyol!

Sedangkan selama tahun 2009 ini, bantuan AS kepada Israel telah mencapai setidaknya $ 2,55 milyar. Begitu menurut Jeremy M. Sharp, Spesialis dalam Urusan Timur Tengah.

Selama 20 tahun terakhir, AS telah perlahan-lahan meningkatkan bantuan ekonominya kepada Israel dan secara bertahap pula menggantinya dengan peningkatan bantuan militer. Mulai tahun 2007, AS meningkatkan bantuan militer oleh $ 150 juta setiap tahun. Pada tahun 2012, jika dihitung secara kasar, AS akan mengirimkan bantuan kepada Israel sebesar $ 3.15 miliar per tahun (atau rata-rata $ 8,6 juta per hari!) dan akan terus memberikan bantuan militer pada tingkat melalui 2018.

Dan seperti sudah diketahui, bantuan itu didapatkan AS dari pajak warganya. Pajak di AS terkenal tinggi. Menurut laporan CRS, "[saat ini bantuan militer AS] hibah kepada Israel mewakili 18,5% dari keseluruhan anggaran pertahanan Israel."

Tidak heran jika sekarang industri senjata Israel telah menjadi salah satu yang terkuat di dunia. "Pada tahun 2007, Israel telah menjadi adalah pemasok senjata terbesar ke-8 untuk negara berkembang."

Layanan Penelitian Kongres memperkiraan total kumulatif bantuan AS kepada Israel (tidak disesuaikan dengan inflasi) dari tahun 1949 sampai 2009 adalah $ 106.1647 miliar. (sa/Pravda)