Dubes Israel di Swedia, Dilempar Sepatu

Aksi lempar sepatu yang dilakukan wartawan Irak Muntazer al-Zaidi terhadap George W. Bush-mantan presiden AS-ternyata menginspirasi banyak orang untuk melakukan hal yang sama terhadap tokoh atau pejabat negara yang tidak disukai.

Kali ini yang menjadi korban lemparan sepatu adalah duta besar Israel di Swedia, Benny Dagan. Dagan dilempar sepatu oleh sejumlah mahasiswa saat berpidato tentang pemilu Israel di Universitas Stockholm, Rabu (4/2).

Juru Bicara universitas , Maria Sandqvist mengatakan, pihaknya mengundang duta besar Israel untuk bicara soal pemilu Israel yang akan digelar bulan Februari ini dengan mengundang para mahasiswa. "Saat berpidato hari Rabu kemarin, beberapa mahasiswa yang hadir melempar sepatu dan benda-benda lain ke arah duta besar," kata Maria.

Ia tidak mau mengatakan apakah Dagan terkena lemparan sepatu dan benda-benda itu. Tapi kantor berita Swiss, TT melaporkan bahwa sebuah benda sempat mengenai Dagan. Menyusul insiden tersebut, polisi Swedia menangkap seorang pria berusia sekitar 35 tahun dan seorang perempuan berusia 25 tahun dengan tuduhan melakukan serangan dan mengganggu ketertiban umum.

Insiden lempar sepatu juga menimpa Perdana Menteri China Wen Jiabao hari Senin kemarin. Ia dilempar sepatu oleh seorang tamu yang hadir saat Jiabao berpidato di Universitas Cambridge, Inggris. (ln/aby)