HP Menganggu Ibadah Jamaah di Mekkah

Ternyata, efek telepon selular tidak mengenal tempat, terjadi di mana-mana. Di negara kita, di masjid-masjid, ketika digelar shalat berjamaah—baik shalat hari raya Jumat ataupun shalat berjamaah lima waktu—banyak saja orang yang masih menghidupkan dan memainkan telepon selularnya alias HP. Begitu pula dengan di Kakbah, Mekkah, ternyata.

Di tengah suasana syahdu mendekatkan diri pada Allah swt, ternyata banyak jamaah di Kakbah yang asyik bermain dengan HP-nya, tertawa, berbincang-bincang dengan seseorang melalui HP, atau bermain game. Hal ini diungkapkan oleh arabnews.com.

Tentu saja ini sangat menganggu jamaah yang lainnya. Ahmad Alya, seorang jamaah, megnatakan, seharusnya pihak keamanan menindak tegas orang-orang yang menganggu kelancaran dan kekhusyuan beribadah di Kakbah. “Suatu kali saya melihat seorang laki-laki, ketika tawaf, ia berbicara melalui HP-nya dengan suara yang keras, dan tertawa-tawa. Perbuatan seperti itu tak bisa ditoleransi,” sungutnya.

Bara Salah, jamaah lain, berkomentar, “Keamanan Kakbah harus menindaki hal ini. Saya mendengar orang di sebelah saya mendiskusikan tentang harga real estate melalui HP. Saya katakana kepadanya untuk berhenti dan supaya fokus agar dia tidak mengganggu jamaah lain. Eh, dia malah menatap saya lurus dan terus saja berbicara seperti itu.”

Padahal menurut Salah, berjalan selama tawaf untuk memohon ampunan Allah swt lebih utama daripada mengirim pesan pendek atau apalagi berbicara melalui HP. Malah ada juga yang membawa kamera dan kemudian merekamnya. Bahkan ada juga yang janjian di satu sudut setelah tawaf dan kemudian mengobrol seenaknya saja.

Ketua Komisi Promosi Mekkah sendiri, Syeikh Ahmad Al-Ghamdi sudah mengatakan bahwa hal-hal itu tak diperkenankan. “Seorang Muslim harusnya sibuk dengan ibadahnya (ketika berada di tempat ibadah).”Seseorang di tempat ibadah jangan sampai melihat HP-nya untuk mengecek siapa yang menelepon, atau kemudian bericara dan menganggu perhatian orang lain.”

Nah, bagaimana dengan Anda? Sekarang lagi musim itikaf. Sebaiknya, mulailah membuat silence-mode HP Anda ketika berada di masjid, sebagai latihan bila suatu saat pergi ke Mekkah nanti. Amiin. (sa/arabnews)