Haniyah: Kebakaran Hutan Israel Hukuman Allah Atas Tindakan Israel

Perdana menteri Palestina di Gaza, Ismail Haniyah mengatakan hari Minggu kemarin (5/12) bahwa kebakaran hutan besar-besaran yang terjadi di Israel utara merupakan "hukuman dari Allah."

Mengomentari kebakaran hutan di Israel, yang menewaskan 41 orang Israel dan membakar lebih dari 50 kilometer persegi hutan, PM Hamas Ismail Haniyah mengatakan kepada wartawan bahwa "kebakaran hutan merupakan hukuman Allah atas apa yang Zionis Israel lakukan terhadap bangsa Palestina."

Orang kuat Hamas ini membuat pernyataan tersebut saat ia bergabung dengan jamaah untuk melakukan shalat meminta hujan di Gaza City. Haniyah menyatakan harapannya bahwa hujan akan turun di wilayah Palestina, dan tidak terjadi seperti Israel, yang telah dilanda oleh musim kemarau panjang yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Lebih dari 17.000 penduduk, termasuk 600 tahanan penjara, dievakuasi pada saat api berkobar tak terkendali sejak Kamis lalu, yang menghancurkan ratusan hektar hutan pinus sebelum menyapu menuruni lereng dataran tinggi Carmel dekat Haifa, kota terbesar ketiga Israel. (fq/hrzt)