Mahasiswa Hebron Palestina Berhasil Ciptakan Mobil Tenaga Surya

Meskipun adanya kelangkaan peralatan dan kurangnya dana, tim mahasiswa Palestina telah berhasil membuat mobil satu penumpang yang berjalan pada energi surya.

Mahasiswa teknik Universitas Politeknik Palestina di Tepi Barat kota al-Khalil (Hebron) merancang kendaraan tenaga surya tersebut sebagai proyek kampus mereka.

Mobil itu membawa ratusan panel fotovoltaik yang mengkonversi sinar matahari menjadi listrik untuk memberi energi ke baterai.

Menggunakan 12 baterai, sebesar 24 volt – mobil tenaga surya yang mirip golf cart – dapat mencapai kecepatan maksimum 30 km / jam (18 mph). Baterai mobil mampu bertahan selama 100 menit.  Baterai dapat diisi ulang dengan listrik rumah, saat tidak ada sinar matahari.

Monjed, salah seorang desainer mobil tenaga surya ini, mengatakan dia berharap proyek ramah lingkungan akan menarik perhatian internasional terhadap nasib rakyat Palestina, yang telah hidup di bawah agresi Israel selama puluhan tahun, seorang koresponden Press TV melaporkan.

Al-Khalil dianggap oleh kelompok-kelompok Hak Asasi Manusia sebagai salah satu kota Tepi Barat yang paling menderita dan mengalami berbagai bentuk kekerasan dari pemukim Israel dan dikontrol militer secara ketat. (fq/prtv)