Anak Suka Menggigit

Muhammad Setiawan – Selasa, 25 Rajab 1431 H / 6 Juli 2010 22:09 WIB

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh

Saya seorang ayah dengan tiga orang anak. Anak pertama usia 3 tahun (perempuan), anak kedua 2 tahun (laki-laki) dan anak ketiga 5 bulan (perempuan).

Anak saya yang kedua akhir-akhir ini gemar sekali melampiaskan kemarahannya dengan menggigit. Kalau yang digigitnya bantal atau kue mungkin tidak masalah. Tapi, yang sering digigitnya adik atau kakaknya. Kadangkala juga saya yang digigit kalau sedang bercanda.

Bagaimana cara menghentikan kebiasaan menggigitnya ini. Saya sudah coba dengan segala cara, mulai dari halus (menasehati pelan-pelan) sampai agak2 kasar (cubit atau pukul), tapi tetap saja kebiasaannya tidak hilang.

Mohon sarannya yah Bu Namih …

Terima kasih.

Wa’alaikumussalam wr. wb,

Seorang anak berusia antara 1 sampai 2 tahun kemungkinan meluapkan emosinya dengan menggigit secara tiba-tiba. Atau sebagai sebuah ungkapan di luar kasih sayang dan perhatian dari si anak.

Meskipun menggigit adalah hal yang lazim bagi anak-anak kecil atau terkadang merupakan sebuah kekhasan dari seorang anak kecil, anda harus dapat membantu dengan mencoba mengatasinya secara baik, sebelum timbul kesulitan pada anak. Karena efek dari kesulitan tersebut adalah munculnya sebuah ketakutan pada anak yang diwujudkan kepada tingkah laku merengek.

Jika seorang anak lelah, lapar, frustasi atau bahkan sangat gembira maka si anak akan menjadi sangat agresif. Namun pada kegiatan-kegiatan seperti tidur siang, atau makan siang biasanya merupakan masa-masa tenang atau selingan yang menyenangkan untuk anak.

Sehingga pada masa ini anda atau bundanya bisa menasehatinya dengan lembut "tidak boleh menggigit kakak atau adik lagi ya sayang…." Karena menggigit kakak atau adik adalah perbuatan yang Rasulullah SAW tidak suka (sambil mengenalkan kisah tentang Rasulullah SAW)……dan dengan cara-cara yang lainnya.

Atau tepat juga bila anda berteriak sepantasnya pada saat anda digigit oleh si kecil dengan ungkapan semisal " aduh, maaf itu sakit sayang ". Sambil melepaskan gigitan si anak serta mengangkat dan meletakkannya tanpa membalas dengan cubitan atau pukulan.

Berikut adalah tips untuk mengatasi anak yang suka menggigit :

  1. Ajari anak untuk menggunakan kata-kata dalam mengungkapkan keinginan atau perasaannya.
  2. Anda perlu mengajarkan kepada si kecil bahwa menggigit itu menyakitkan dan bukan merupakan kebiasaan yang dapat diterima.
  3. Sebaliknya, jangan menggigit seorang anak untuk bercanda atau menunjukkan padanya betapa menyakitkan menggigit itu.

"Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa, maka barang siapa memaafkan dan berbuat baik maka pahalanya atas tanggungan Allah (QS. Asy-Syuuro : 40).

Demikian, mudah-mudahan bermanfaat.

Wallahu a’lam bisshawab

Namih AlFaisal, S.Pd

Anak Luar Biasa Terbaru

blog comments powered by Disqus