Anti Kolesterol

Miranti – Senin, 25 Rabiul Akhir 1430 H / 20 April 2009 16:09 WIB

Assalamu’alaikum Dr.Agus Ahmadi,

Tadi pagi, 19 April 2009, di Masjid Pondok Indah, dokter telah mengumukan bahwa akan ada kajian mengenai klinik sehat namun belum ditentukan jadwalnya.  Yang ingin saya tanyakan adalah efek samping dari obat herbal kholesterocaps terhadap ginjal – karena seperti diketahui bahwa obat anti kolesterol berupa statin berbahaya terhadap ginjal?

Wassalamu’alaikum

Miranti F.

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Kholesterol sebenarnya merupakan salah satu komponen lemak yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk membentuk dinding sel, membuat hormon steroid dan melarutkan vitamin. Secara normal kolesterol diproduksi sendiri oleh tubuh dalam jumlah yang tepat. Tetapi ia bisa meningkat jumlahnya karena asupan makanan yang mengandung tinggi kolesterol.

Kolesterol dalam tubuh yang berlebihan akan tertimbun di dalam dinding pembuluh darah dan menimbulkan suatu kondisi yang disebut aterosklerosis yaitu penyempitan atau pengerasan pembuluh darah. Kondisi ini merupakan cikal bakal terjadinya penyakit jantung, gangguan ginjal dan stroke.

Kolesterol terdiri dari LDL, HDL, total kolesterol dan trigliserida. LDL dianggap sebagai lemak yang "jahat" karena dapat menyebabkan penempelan kolesterol di dinding pembuluh darah. Sebaliknya, HDL disebut sebagai lemak yang "baik" karena dalam operasinya ia membersihkan kelebihan kolesterol dari dinding pembuluh darah dengan mengangkutnya kembali ke hati.

 
Penanganan hiperkolesterol
Untuk menangani kolesterol yang tinggi dapat dilakukan secara alami, antara lain dengan :

1. Rutin berpuasa sunnah.
2. Hindari makanan yang mengandung kolesterol yaitu minyak dan lemak hewan, antara lain daging sapi/kambing/babi, kulit ayam, jerohan, otak, hati ayam, cumi, udang, kerang, kepiting, kuning telur. Hindari Sumber triglesirida antara lain gorengan, santan, asam lemak trans, margarine, butter.
3. Memperbanyak makanan berserat seperti buh dan sayuran.
4. Olahraga teratur.
5. berbekam (hijamah)
6. Minum jus apel hijau setiap pagi.
7. Mengkonsumsi bawang putih dan temulawak (kholesterocaps – produk klinik sehat)
Secara umum penggunaan herbal kolesterocaps aman untuk ginjal. Allohu’alam bishowab
Wassalam.

Klinik Sehat Terbaru

blog comments powered by Disqus