2 Masjid di Swedia Dibom Saat Natal Kemarin

Eramuslim – Sebuah bom rakitan meledak di Pusat Kebudayaan Islam di Saffle, sebuah kota yang terletak 45 kilometer barat daya Karsltad, Swedia, pada perayaan Natal 25 Desember kemarin.

Polisi Swedia kini tengah melakukan penyelidikan atas serangan bom yang menargetkan sebuah masjid di yang diduga sebagai serangan kebencian terhadap umat Muslim.

“Beberapa jendela rusak dan dindingnya retak akibat peledak yang diperkuat dengan bekas tembakan senapan. Rata-rata 100 orang datang ke masjid ini setiap hari,” kata ketua pusat Islam Abdihakem Adan kepada Anadolu Agency.

Bom tersebut meninggalkan lubang cukup besar di dinding ruang shalat tengah masjid.

Selain itu serangan rasis lainnya juga terjadi terhadap sebuah masjid di distrik Sodermalm, Stockholm, pada Selasa (26/12).

“Di pagi hari, beberapa orang tak dikenal memasang salib, simbol orang Kristen di pintu masuk masjid. Para pelaku tidak ingin kita (Muslim) berada di sini. Mereka ingin kita menutup masjid,” ujar Khaled Abdel, imam Masjid Stockholm kepada Anadolu Agency.

Tercatat umat Islam di Negara ini berjumlah antara 450 ribu hingga 500 ribu penduduk dari sembilan juta populasi di Swedia, dilansir dari laporan Departemen Luar Negeri AS pada tahun 2011. (Ip/Ram)