Catatan Derek Manangka: Jokowi Sulit Menang di 2019

Eramuslim.com -PILPRES 2019 masih belasan bulan. Tetapi bagi kalangan yang berkepentingan, belasan bulan itu, sama dengan tinggal belasan hari saja.

Sejalan dengan waktu yang sudah sangat dekat dengan momen politik itu, makin intens pula kegiatan para analis, pelobi dan konsultan politik. Semuanya sibuk membuat proyeksi. Isinya tentang siapa kira-kira yang akan menjadi Presiden RI periode 2019-2024.

Joko Widodo sebagai petahana masih diperhitungkan, tetapi nasibnya sangat tergantung pada figur pesaingnya. Yang bisa dikemukakan, memenangi Pilpres 2019, bagi Jokowi merupakan sebuah pekerjaan yang maha berat.

“Jokowi sangat sulit memenangi Pilpres 2019”, begitu reaksi beberapa di antara mereka yang bertukar pikiran dengan penulis, secara terpisah baru-baru ini.
Sebuah kesimpulan sementara. Yang mungkin tidak enak didengar ataupun diterima oleh para relawan dan pendukung Jokowi. Berhubung mereka sudah mematok bekas Walikota Solo tersebut sebagai “Presiden Dua Periode”.

Walaupun masih bersifat sementara, namun penilaian di atas memiliki alasan yang cukup menarik dan secara logika, masuk akal sehat.

Di 2019, peluang Jokowi menipis. Terutama akibat Presiden ke-7 RI ini gagal memenuhi hampir semua atau sebagian besar janji-janjinya di masa kampanye.