Kesamaan Kondisi Malaysia dan Indonesia Sebelum Penguasa Tumbang oleh Oposisi

11. Kerjasama antara kedua negara Asia ini juga terbukti dengan komitmen investasi dari China Development Bank (CDB) sebesar $ 14,4 miliar untuk 57 proyek. sebanyak hanya $ 9,7 miliar dari komitmen yang telah direalisasikan.

12. Kasus pembangkit listrik 35 ribu megawatt dengan sebagian besar investasi dan impor dari China. Pinjaman ke tiga bank yakni BNI, Mandiri, dan BRI yang kemdian dialokasikan untuk membeli saham Newmont Nusa Tenggara.

13. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyebut pinjaman tahap pertama kereta cepat Jakarta-Bandung akan dicairkan sebesar US$500 juta atau sekitar Rp6,7 triliun (kurs Rp13.500 per dolar AS) pada Maret 2018. Pinjaman diharapkan mencapai USD 6-7 miliar.  PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). KCIC merupakan perusahaan patungan antara empat BUMN, yakni KAI, Wijaya Karya, PTPN VIII dan Jasa Marga, dengan China Railways.

14. Demokrasi tidak berkembang ke arah yang baik, dipicu oleh Kondisi krisis belum pulih sejak 1997/1998. System politik hasil amandemen UUD 1945 membawa Negara dalam dalam situasi yang semakin rapuh dan masyarakat kedalam perpecahan. Kedaualatan Negara berada di ujung tanduk.

15. Kemerdekaan berpendapat terancam. Di Indonesia terdapat Undang-undang RI nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). UU ITE dengan kekuatan yang sangat efektif dalam membatasi kemerdekaan berpendapat.

APAKAH OPOSISI INDONESIA AKAN MEMILIKI KEMAMPUAN MELAKUKAN AKSELERASI AGAR PERTARUNGAN BERKUALITAS SEPERTI YANG TERJADI DI MALAYSIA? (kk/swamedium)

*Oleh: Salamuddin Daeng, Penulis adalah Peneliti Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI)