Mantan Pemimpin IM Mahdi Akif, Meninggal di Dalam Penjara

Eramuslim.com – Keluarga mantan pemimpin Ikhwanul Muslimin, Mohamed Mahdi Akif, mengumumkan bahwa Mahdi Akif telah meninggal di penjara di Mesir setelah kesehatannya memburuk pada umur 89 tahun, di tengah laporan yang berkembang bahwa pihak berwenang Mesir mencegah pemakamannya.

Abdel-Moneim Abdel Maqsoud, ketua tim pembela Akef, mengatakan kepada kantor berita Anatolia bahwa “Akef ditahan di rumah sakit Al-Qasr al-Aini di pusat kota Kairo setelah kesehatannya memburuk selama beberapa bulan terakhir.” .

Dia menambahkan bahwa shalat jenazah akan diadakan di masjid rumah sakit tersebut pada hari Jumat, di hadapan istri, anak perempuannya, pengacara dan sejumlah keluarganya. Dia akan dimakamkan di makam keluarganya di Kairo.

“Pasukan keamanan rezim tersebut mencegah keluarga Muhammad Mahdi Akif, mantan pemimpin Ikhwanul Muslimin, untuk melaksanakan shalat jenazah dan memaksa keluarganya agar menguburkannya di malam hari tanpa prosesi pemakaman, jamaah menganggap hal tersebut sebagai upaya untuk menyiksa “sang Mujahid “.

Dalam sebuah pernyataan, kelompok IM menyalahkan pihak berwenang Mesir atas kematian mantan pemimpinnya, karena pemerintah tetap bersikeras “memenjarakan dia dan menyiksanya meskipun beliau menderita penyakit dan kemudian dengan sengaja membunuhnya.”

Juru bicara Ikhwanul Muslimin Talat Fahmy mengatakan bahwa “kematian Akef adalah pembunuhan secara sistematis,” menegaskan bahwa kelompoknya tidak akan menggunakan kekerasan sebagai pembalasan baginya.

Kelompok tersebut meminta ” semua anak Gerakan Islam dan semua kaum pembebasan di dalam dan di luar Mesir untuk melakukan shalat ghaib untuk mantan mursyid ‘am “.