free hit counters
 

Al-Qaidah Klaim Pelaku Bom Bunuh Diri Kedubes Denmark di Pakistan

Magdalena – Kamis, 29 Jumadil Awwal 1429 H / 5 Juni 2008 14:44 WIB

Situs SITE, situs kelompok intelejen yang berbasis di AS memuat pernyataan al-Qaidah yang menyatakan bertanggung jawab atas serangan bom mobil di dekat Kedutaan Besar Denmark di kota Islamabad, Pakistan beberapa hari yang lalu.

Dalam pernyataan yang dimuat di situs internet dan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh SITE, disebutkan bahwa al-Qaidah melakukan serangan tersebut sebagai balasan atas tindakan sejumlah media cetak Denmark yang mempublikasikan kembali kartun-kartun yang melecehkan Nabi Muhammad Saw.

"Salah seorang pahlawan kami dari ‘Qaidaht al-Jihad’ telah melakukan operasi serangan bunuh diri pada Senin pagi. Serangan itu untuk membalas pengkhianatan sebuah negara bernama ‘Denmark’ yang telah menerbitkan kartun Rasulullah, " demikian isi terjemahan pernyataan al-Qaidah yang dimuat situs SITE. SITE sendiri adalah badan yang salah satu tugasnya memantau situs-situs Islam yang dianggap militan serta ruang-ruang chat di internet.

Pernyataan itu, ditandatangani oleh pimpinan kelompok tersebut yang bernama Mustafa Abu al-Yazid. Disebutkan pula bahwa serangan bom bunuh diri dekat kantor Kedubes Denmark di Pakistan adalah peringatan untuk negara pengkhianat dan negara lainnya yang melakukan tindakan sama. "Agar mereka tidak berbuat dosa dan agar mereka meminta maaf atas apa yang mereka lakukan, " tulis kelompok tersebut.

Yazid, menurut situs SITE, juga menyatakan bahwa al-Qaidah menyampaikan ucapan selamat pada para mujahidin Pakistan yang telah berpartisipasi dalam serangan tersebut.

Sementara itu, para pejabat intelejen Denmark hari Rabu kemarin mengatakan serangan di Pakistan sudah direncanakan sejak lama. Untuk menyelidiki insiden ini, agen rahasia Denmark sudah mengirim tiga ahlinya ke Islamabad. (ln/alarby/aljz)

Dunia Islam Terbaru