Armada Mujahidin ISIS Berbaris Menuju Penyerangan Bahgdad

IRAQ-UNRESTDaulah  Islam Irak dan Suriah (ISIS) memerintahkan para mujahidnya  pada hari Kamis untuk mulai maju ke arah ibukota Irak,  Baghdad setelah memenangkan wilayah Mosul dan Tikrit dengan  mengalahkan angkatan bersenjata Syiah Irak di wilayah utara negara itu.

Abu Muhammad al-Adnani, juru bicara resmi dari Daulah Islam di Irak dan Syam (ISIS), mengeluarkan pernyataan audio yang diposting di YouTube mendesak pejuang ISIS segera bersiap menyerang  Baghdad.

Berpakaian hitam militan  ala ISIS  telah mewarnai  kota terbesar kedua Irak Mosul dan Tikrit, kampung halaman mantan diktator Saddam Hussein, serta kota-kota di utara Baghdad lainnya.

Di Tikrit, para militan telah menyiapkan dewan militer untuk menjalankan pemerintahan kota-kota tersebut , Kamis.

“Mereka datang ke kota kami  dan mereka  mengatakan mereka hadir disini  di sini tidak untuk pertumpahan darah atau balas dendam, tetapi mereka akan memberikan  reformasi dan keadilan. Mereka memilih seorang jenderal purnawirawan untuk menjalankan kota, “Ujar seorang tokoh suku dari kota Alam, utara Tikrit, kepada Reuters.

Daulah Islam Irak dan Suriah memiliki sebuah proyek ambisius untuk mendirikan sebuah kekhalifahan  Islam yang menggabungkan Irak, Suriah, Yordania, Lebanon, dan Palestina.

“Tujuan akhir kami adalah  Baghdad, pertempuran yang menentukan akan berada di sana,” ujar  pemimpin mereka  terus mengulangi, ” Tambah  tokoh suku tersebut.

Juru bicara ISIS, al-Adnani mengatakan dalam pernyataan audio-nya bahwa pertempuran besar akan terjadi di Baghdad dan Karbala, sebuah kota barat daya dari ibukota yang dianggap salah satu situs tersuci bagi umat Islam Syiah.

“Jangan menyerah melawan musuh Anda … Pertempuran belum pada puncaknya , puncak pertempuran adalah di Baghdad dan Karbala,” kata Adnani. “Ikat sabuk Anda dan bersiap-siap,” tambahnya.

“Barisan mujahidin segera  menuju Baghdad ,” tambahnya. Adnani tidak lupa untuk mengingatkan militan ISIS tentang memproklamirkan diri mereka bagaimana “etika berperang.”

“Bila Anda memasukkan sebuah desa, tundukanlah  kepala Anda dan tidak membual atau menyombongkan diri. Terima pertobatan dari siapa pun yang ingin bertobat dan tinggalkan  saja yang  sendirian dan menunjukkan belas kasihan untuk sesama Muslim  dan suku yang ada , “kata Adnani.

Adnani juga mengatakan dalam rekaman bahwa salah satu komandan ISIS , Adnan Ismail Najm, lebih dikenal sebagai Abu Abdul-Rahman al-Bilawi al-Anbari, syahid  dalam pertempuran baru-baru ini di Irak.

Pada hari Kamis, jalan-jalan yang biasanya ramai di Baghdad , sepi serentak dan  bisnis hampir berhenti karena penduduk tertegun akan serangan segera tiba di ibukota baghdad.

ISIS pada Kamis pagi merebut kota Dhuluiyah, 90 kilometer (56 mil) utara Baghdad, dan daerah Muatassam dekatnya.

Dalam serangan kilat, para pemberontak sejak Senin malam membanjiri  semua provinsi utara Nineveh dan daerah yang signifikan dari tetangga provinsi Salaheddin dan Kirkuk, serta bagian dari Diyala utara. (Arby/Dz)