Bakteri Lebih Banyak Berkubang Pada Komputer yang Digunakan Kaum Perempuan

Untuk kaum perempuan, jangan tersinggung dulu dengan judul berita ini. Ini penelitian ilmiah. Tak ada tendensi bias gender seperti yang kerap dilontarkan kaum feminis.

Sebuah penelitian ilmiah yang dilakukan sejumlah orang dari Universitas Arizona, AS, menghasilkan kesimpulan, komputer yang digunakan kaum perempuan lebih banyak mengandung kotoran dan kuman, ketimbang komputer yang digunakan kaum pria.

Kajian itu juga mengungkapkan bahwa kadar bakteri yang ada di meja sebuah kantor, secara umum lebih tinggi 400 kali ketimbang kadar bakteri yang ada di kursi toilet. Bukan hanya itu bahkan, ternyata meja-meja kerja yang digunakan kaum perempuan, tingkat kekotorannya tiga sampai empat kali lebih kotor ketimbang meja-meja kerja yang digunakan kaum pria.

Tapi, soal kadar kuman dan bakteri di dalam tas berbeda. Menurut penelitian tersebut, kadar kotoran, kuman dan bakteri dalam tas seorang pria lebih banyak ketimbang tas seorang perempuan. Tas milik kaum pria, lebih banyak diminati oleh kuman-kuman ketimbang tas milik perempuan, begitu kesimpulannya.

Kepala penelitian ini, Prof, Charles mengatakan, kaum perempuan lebih suka menyimpan makanan di meja kerja, lebih banyak ketimbang laki-laki. Itulah yang menyebabkan banyaknya kuman dan bakteri berkumpul di meja mereka. Bukan hanya makanan yang disimpan, tapi menurut Charles, kaum perempuan juga sangat suka menyimpan berbagai alat kosmetik di dalam meja kerjanya sehingga memungkinkan banyaknya kuman yang hinggap di tempat tersebut. Itulah yang membedakan antara kebiasaan perempuan dan pria, yang menyebabkan kuman lebih senang berada di meja kerja kaum perempuan.

Satu lagi, menurut para pakar, masalah yang harus diingat dalam hal ini bukan masalah keberadaan dan jumlah bakteri atau tidak di satu tempat. Tapi harus lebih diteliti, jenis bakteri apa? Karena tak semua bakteri menyebabkan penyakit. (na-str/bbc)