Berbeda Konsep, Salim Idriss : FSA Melawan Rezim Assad dan Bukan Lawan Syiah Alawit

salim idrisKomandan Tentara Pembebasan Suriah (FSA) ,  Salim Idriss mengatakan kepada Al Arabiya pada hari Senin bahwa FSA berperang melawan pasukan rezim, dan bukan Syiah Alawit, di provinsi pesisir Latakia.  Ini yang membedakan dengan konsep mujahidin lainnya, bahkan dengan musuhnya sekalipun , karena faktanya para musuhnya yaitu syiah Hizbullah Lebanon dan Syiah alawit bersatu padu dengan rezim Assad untuk memerangi dan membantai Muslim di sana.

Dia mengatakan bahwa tidak akan ada operasi balas dendam terhadap warga pesisir terhadap setiap sekte, menambahkan bahwa FSA akan menyediakan semua Syiah Alawit keamanan dan perlindungan.

Idriss mengunjungi Latakia, tempat kelahiran Presiden Suriah Bashar al-Assad, pada hari Minggu.

Pernyataannya datang seminggu setelah pemberontak melancarkan “pertempuran untuk membebaskan pantai.” Mereka telah  menguasai mayoritas 11 desa Syiah Alawit, menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia .

Daerah ini sangat sensitif karena merupakan rumah bagi populasi campuran Muslim yang membentuk mayoritas penduduk Suriah, dan Syiah Alawit.

Para pemberontak membuat banyak kemajuan di Latakia dengan mengendalikan sebagian besar pesisir Provinsi  Jabal al-Akrad dan daerah Turkman Jabal di timur laut.

Namun, kelompok aktivis mengatakan pada hari Senin FSA akan melanjutkan operasinya di Latakia dan provinsi Hama, menambahkan bahwa FSA menembaki lokasi  rezim dekat Bandar Udara Internasional Aleppo itu. (Arby/Dz)