“Dengan Mudahnya” Syiah Houthi Kuasai Persenjataan US Army di Yaman

Houthis-300x174Eramuslim – “Pemberontak Syiah Houthi melakukan aksi mengambil semua kendaraan Kedutaan Besar AS yang diparkir di bandara ibukota Yaman dan mereka tidak  membiarkan  Marinir AS untuk pergi, bahkan mereka mengambil persenjataan US Army ,” kata seorang pejabat bandara di kota  Sanaa . Sesuatu yang aneh, dengan mudahnya pemberontak Syiah menguasai perlengkapan US Army dengan tanpa ada perlawanan, seolah AS membiarkan kekuatan Syiah Houthi berkuasa penuh di Yaman.

Tindakan tersebut  datang setelah Amerika Serikat, bersama dengan Inggris, menghentikan operasi di kedutaan mereka dan memindahkan  seluruh stafnya  karena ketidakstabilan di Yaman.

Menurut pejabat itu, Syiah Houthi menyita banyak senjata Marinir AS ‘di bandara.

“Malam sebelumnya, petugas kedutaan membakar puluhan ribu dokumen dan persenjataan yang berada di dalam gudang penyimpanan kedutaan AS di Sana’a ,”  karyawan Yaman kedutaan mengatakan.

Yaman telah lama menjadi negara penting bagi AS untuk memerangi perjuangan al Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP) , salah satu cabang jihad yang paling ditakuti barat . Para pejabat AS telah memiliki hubungan panjang dengan para pemimpin Yaman,  untuk menargetkan mujahidin AQAP.

Tapi sekarang, pemimpin terakhir  Yaman, Presiden Abdu Rabu Mansour Hadi, telah mundur , dan pemberontak Syiah Houthi menguasai fasilitas penting pemerintah, membubarkan parlemen dan menempatkan Mansour Hadi di bawah tahanan rumah. (JL/KH)