Hitto, Perdana Menteri Transisi Suriah

Anggota koalisi oposisi Suriah pada hari Selasa ini memilih mantan pengusaha Ghassan Hitto sebagai perdana menteri sementara dalam pertemuan di Istanbul.

Hitto, yang sekarang akan bertanggung jawab membentuk pemerintah untuk mengisi kekosongan kekuasaan di Suriah, memenangkan 35 dari 48 orang, informasi setelah pemungutan suara.

“Saya berterima kasih besar untuk para pahlawan dan revolusioner dari rakyat Suriah. Kami bersama dengan Anda, “kata Hitto di depan anggota koalisi dalam sambutan singkat setelah ia diangkat.

Pemungutan suara itu dilakukan setelah 14 jam konsultasi tertutup antara 70-an  anggota Koalisi, dengan beberapa anggota menggambarkan Hitto sebagai jalan tengah calon konsensus yang diterima oleh kedua faksi oposisi Islamis dan liberal.

Tapi anggota Koalisi lainnya menarik diri dari konsultasi sebelum pemungutan suara berlangsung, ini mencerminkan perpecahan dalam oposisi Suriah.

Ketika voting akhirnya berlangsung, total 48 anggota Koalisi menempatkan suara mereka dalam sebuah kotak transparan yang terletak di depan ruang konferensi di sebuah hotel Istanbul, di mana hasil pertemuan ini banyak ditunggu-tunggu terjadi.

“Ini adalah suara transparan demokratis,” kata Kepala Koalisi Ahmad Moaz al-Khatib.

Hitto tiba di menit ruang konferensi setelah penghitungan, dan disambut dengan tepuk tangan saat ia berjabat tangan dengan anggota Koalisi.

Dia telah dijelaskan oleh para pendukungnya sebagai seorang pria yang berkualitas dan tak ternoda. Dia adalah orang yang praktis dengan pengalaman manajemen dan terbuka untuk diperdebatkan. Dia berjanji untuk berkonsultasi secara luas sebelum penentuan menteri dan hanya menunjuk orang-orang dengan pengalaman yang jelas dan panjang, “kata Mohammad Qaddah, perwakilan koalisi dari Deraa, kepada Reuters.

Siapa Hitto?

Sampai tahun lalu, ia adalah seorang eksekutif senior di sebuah perusahaan teknologi komunikasi di Texas, dengan peran dalam kehidupan sipil lokal, tetapi sebagian besar terfokus pada pekerjaannya tersebut lebih dari satu dekade.

Resumenya 25 tahun pengalaman dengan perusahaan teknologi tinggi dan telekomunikasi, termasuk 16 tahun dalam peran manajemen eksekutif.

Tetapi pada bulan November ia tiba-tiba berhenti dari pekerjaannya “untuk bergabung dengan jajaran revolusi Suriah.”

Hitto sudah terlibat dalam pekerjaan kemanusiaan, mendirikan Yayasan Bantuan Shaam pada tahun 2011, dan membantu mengatur pengumpulan dana termasuk “Walk for Children of Day Suriah.”

Seorang Muslim yang taat, ia telah terlibat selama lebih dari satu dekade dengan Akademi Horizons , sebuah sekolah Texas sebagai “institusi pendidikan yang kondusif untuk lingkungan belajar Islam.”

Hitto mendirikan Koalisi kelompok aktivis Suriah  pada tahun 2011, dan menjadi anggota dewan nasional American Council Suriah pada tahun berikutnya.

Ia seorang anggota Koalisi Nasional Suriah, kelompok payung yang mewakili berbagai organisasi oposisi, Hitto sebagai kepala bantuan kemanusiaan – yang berbasis di Turki.

Anggota koalisi lainnya menggambarkan dia sebagai “calon jalan tengah dalam pemungutan suara. Ia dihormati oleh kelompok Islam dalam oposisi, ia juga memiliki persetujuan dari kaum liberal.

Pendukung telah memuji bakatnya untuk membangun hubungan diplomatik untuk mengamankan dan sangat dibutuhkan dukungan keuangan untuk Suriah akibat konflik yang berkepanjangan. (Dz/Al Arabiya)