Inggris Sebenarnya Kalah Di Irak?

Tampaknya, tentara AS dan Inggris di Afghanistan tidak benar-benar satu hati. Baru-baru ini, seorang perwira AS mengatakan bahwa tentara Inggris sudah menderita kekalahan dalam perang di Irak.

Seperti diketahui, tentara Inggris yang bertugas di Basra pada April 2009 menarik penarikan semua pasukannya dari kota itu.

Bekas Perdana Menteri Inggris, Gordon Brown menggambarkan penarikan pada saat itu sebagai "langkah strategi yang direncanakan dan diorganisir sebelumnya."

Mantan Komandan Inggris di Irak selatan mengatakan tindakan-tindakannya dibatasi oleh pertimbangan politik.

"Saya pikir itu merupakan kesalahan besar untuk menarik diri dari Basra dan pergi ke lapangan terbang dan meninggalkan orang-orang Basra," kata Jenderal Keane kepada BBC.

Seorang perwira AS yang bertugas langsung di Irak pada saat itu juga menggambarkan penarikan Inggris sebagai suatu kekalahan. "Saya tidak tahu bahwa Anda bisa melihat penarikan Inggris dari Basra pada tahun 2007 selain sebuah bentuk kekalahan," kata Kolonel Peter Mansoor, yang merupakan pejabat eksekutif untuk Jenderal David Petraeus, komandan AS di Irak. (sa/bbc)