Ingin Dapat Dukungan Sekuler, Kandidat Calon Presiden Turki, Ihsanoglu : ISIS itu Teroris Paling Bahaya

IhsanogluSalah satu kandidat presiden Turki , Ekmeleddin Ihsanoglu telah mengutuk Daulah  Islam di Irak dan Suriah (ISIS), yang telah berhasil menguasai sebagian dari Suriah dan Irak dan telah menyekap  49 sandera warga Turki  di Mosul selama lebih dari sebulan.

“ISIS adalah gerakan teroris kejam yang paling berbahaya bagi Islam,” kata Ihsanoglu kepada wartawan 12 Juli selama kunjungannya ke provinsi barat laut Bursa.

“Jika Anda tahu tentang militer, agama, politik, psikologis, parameter situasi internasional , Anda akan dapat menghadapinya,” kata Ihsanoglu, yang didukung oleh sekelompok enam partai oposisi seperti  oposisi utama Partai Rakyat Republik (CHP) dan Partai Gerakan Nasionalis Turki.

“Jika Anda telah memutuskan untuk mendukung mereka  [ISIS] sampai titik tertentu dan kemudian anda mencoba untuk memisahkan diri, Anda akan mengalami kesulitan besar. Kebijakan luar negeri harus dilakukan dengan bijaksana, cara yang tenang, “kata calon presiden itu dalam kritik terselubung tentang kebijakan luar negeri pemerintah Erdogan.

Ketika ditanya tentang tuntutan untuk mengubah monumental Hagia Sophia menjadi masjid lagi, Ihsanoglu menghindari memberikan jawaban yang jelas .

“Ini adalah, masalah sejarah, harus hati hati  ,” katanya. “Saya sadar tuntutan publik. Saya salah satu dari orang-orang yang memiliki kesempatan untuk sholat  di sana ketika itu dibuka  sebagai masjid pada tahun 1980. Tapi aku tidak tahu apa keputusan pemerintah yang akan diambil. ”

Ihsanoglu juga mengecam Israel karena serangannya di Gaza, mencatat bahwa ia memberikan kontribusi untuk proses konsiliasi antara kelompok-kelompok Palestina  selama masa jabatannya sebagai kepala Organisasi Kerjasama Islam (OKI).