Langgar Resolusi 1701, Lebanon Adukan Israel ke PBB

Bukan Israel namanya, kalo tidak melanggar aturan dan kesepakatan internasional. Setelah Suriah, kali ini Lebanon menyampaikan protes resmi atas pelanggaran yang dilakukan Israel di atas wilayah udara Lebanon.

Lebanon menyatakan bahwa Israel telah melanggar Resolusi PBB nomor 1701-yang ditetapkan untuk mengakhiri perang Israel dan Hizbullah di Lebanon-karena pesawat-pesawat tempur Israel sering terbang di atas wilayah udara Lebanon.

Dalam laporan yang disampaikan ke PBB, pemerintah Lebanon menuding Israel telah menerbangkan pesawat-pesawat militernya dan melintasi perbatasan wilayah udara Lebanon sebanyak 290 kali. Sementara di darat, pasukan rejim Zionis itu telah melakukan sekitar 52 kali pelanggaran.

Pada hari Kamis (1/11), pasukan udara Israel melakukan serangan ke kota-kota di wilayah Libanon, antara lain ke Tyre, Marje’youn, al-Khiyam dan Al-Nabatia. PBB sudah menyerukan rejim Israel untuk menghentikan tindakannya melanggar batas wilayah udara Lebanon. Menurut PBB, tindakan rejim Israel telah merongrong kredibilitas pasukan penjaga perdamaian PBB yang ditempatkan di selatan Libanon. PBB mendesak Israel agar bekerjasama menciptakan stabilitas keamanan di wilayah itu. (ln/presstv)