Lebaran Di Turki:Mudik Dengan Bus

Seperti kebanyakan negara lainnya, Turki juga merayakan Idul Fitri pada hari Jumat kemarin.

Adapun negara-negara yang merayakan Idul Fitri pada Jumat adalah Arab Saudi, Mesir, Afrika dan Amerika Utara, Indonesia, tetapi beberapa negara seperti Pakistan merayakan hari Sabtu (11/9) ini.

Turki sendiri sebelumnya telah bergolak panas sehubungan dengan penentuan Idul Fitri antara jatuh pada hari Jumat atau Sabtu. .

Secara tradisional, rakyat Turki mengunjungi keluarga dan teman-teman di kota asal mereka selama hari libur. Perjalanan dengan bus merupakan pilihan yang sangat populer.

Masyarakat Turki menyebut Idul Fitri sebagai perayaan ‘Seker Bayram?’, atau ‘Ramazan Bayram?’, yang merupakan kebiasaan orang untuk saling menyapa. Mereka biasanya akan berkata "Bayraminiz Kutlu Olsun" (Semoga Anda Bayram, Jadilah Dirayakan), atau "Mutlu Bayramlar" (Selamat Bayram), atau "Bayraminiz Mubarek Olsun".

Kota-kota di seluruh Turki juga membuat acara penggalangan dana bagi masyarakat miskin. Ada pertunjukan musik konser atau pagelaran seni tradisional seperti Karagöz dan Hacivat, berupa pertunjukan teater oleh Mehter dan Janissary Band yang didirikan pada zaman Kekaisaran Ottoman.

Perayaan Bayram di Turki berarti membantu orang yang kurang beruntung, mengakhiri permusuhan dari masa lalu dan bergembira sambil sarapan dan makan malam bersama orang-orang tercinta.

Perayaan di lingkungan pemukiman pun tidak kalah seru, rumah-rumah dan jalan dihiasi sedemikian rupa untuk merayakan kemenangan setelah satu bulan berperang melawan hawa nafsu. Televisi dan radio di Turki juga menyiarkan program khusus Bayram, seperti film-film khusus, program musik dan perayaan bersama selebriti dan politisi.

(sa/wb/viva)