Lebih 80% Warga Israel Yakin 'Pemerintahnya’ Korup

Korupsi tengah menggerogoti kekuatan Zionis-Israel. Setidaknya kenyataan itulah yang telah dikemukakan sebuah survey yang disiarkan pada hari Rabu kemarin (10/1).

Sekitar 85 persen orang Yahudi yang menduduki Tanah Palestina meyakini bahwa tokoh-tokoh mereka yang duduk di pemerintahan melakukan korupsi, termasuk para pemimpin partai politiknya.

Lebih dari 94 persen warga Yahudi percaya bahwa perilaku korup ini memperlemah kekuatan Zionis-Israel. Sekitar 50 persen yakin, semua partai politik yang ada di Israel melakukan korupsi. Hasil survey nasional ini secara lengkap juga dipaparkan di Knesset dan mendapat beragam respon.

Walau demikian, sejumlah kecil responden, sekitar 3 persen, masih percaya bahwa korupsi yang dilakukan pejabatnya masih bisa dianggap wajar. Hanya saja, menurut The Jerusalem Post (11/1), mayoritas responden yang tidak disebut berapa jumlahnya juga yakin, jika perilaku buruk ini diteruskan maka bukan tidak mungkin Zionis-Israel akan mengalami keterpurukan yang sulit diatasi. (Rz)