Mauritania Berjanji Akan Bantu untuk Intervensi 400 Tentara ke Mali

Mauritania berjanji untuk mengirim 400 tentara ke Mali, Senin, untuk berpartisipasi dalam pasukan perdamaian internasional.

Hal ini disampaikan dalam pertemuan dengan Presiden Mauritania Mohamed Ould Abdel Aziz mitra pemimpin Mali Andinkunda Traore, di ibukota Nouakchott,

Kedua presiden sepakat untuk “meningkatkan kerjasama antara angkatan bersenjata dan pasukan keamanan dari kedua negara melalui pertemuan rutin dan pertukaran  informasi intelijen dan konsultasi  diantara para pemimpin staf bersenjata ,” menurut asisten presiden. Dan mereka berdua juga sepakat untuk “tidak membiarkan setiap kelompok bersenjata untuk hidup berdampingan di tanah salah satu dari dua negara.”

Menurut pernyataan itu, kedua presiden memuji intervensi pasukan Prancis – Afrika untuk “membantu integritas teritorial Mali” dalam menghadapi “kelompok-kelompok yang telah mengambil bagian utara negara  itu.” Menurut pernyataan yang dikutip oleh kantor berita Anatolia.

Perlu dicatat bahwa ini adalah kunjungan pertama yang dilakukan oleh presiden Mali ke negara tetangga untuk negaranya sejak ia menjabat April lalu. (zae/IT)