Militer Pakistan Akhirnya Serbu Masjid Merah

Pemerintah Pakistan akhirnya memutuskan untuk melakukan penyerbuan ke Masjid Merah setelah melakukan negosiasi untuk menghentikan pengepungan di masjid itu, yang sudah banyak menelan korban jiwa.

Kota Islamabad yang tenang, tiba-tiba bising dengan suara ledakan-ledakan dari lokasi masjid tersebut. Penyerbuan dilakukan setelah pengepungan selama satu minggu ini, pasca bentrokan antara pasukan keamanan Pakistan dengan para siswa di masjid itu.

Juru bicara militer Pakistan, Mayor Jenderal Waheed Arshad mengatakan, aparat keamanan mulai melakukan operasi penyerbuan pukul 04. 00 pagi waktu setempat, untuk membersihkan masjid itu dari para "militan. "

"Para militan menggunakan senjata-senjata kecil dan granat. Mereka berada di ruang bawah tanah, kami sudah menguasai bagian atap, " kata Arshad. Ia menyatakan, tiga anggota pasukannya terluka dalam operasi yang diharapkan akan berakhir dalam tiga atau empat jam ke depan.

Mantan perdana menteri dan ketua partai yang kini berkuasa di Pakistan, Chaudhry Shujaat Hussain yang ikut dalam negosiasi untuk menghentikan pengepungan di Masjid Merah mengakui bahwa upaya solusi damai gagal dicapai antara pemerintah dengan pimpinan masjid. "Saya sangat kecewa, " katanya. (ln/aljz)