Muammar Gaddafi Belikan Rumah Mewah untuk Janda Yasser Arafat

Pemimpin Libya Muammar Gaddafi membeli sebuah rumah mewah di Malta untuk janda mantan pemimpin PalestinaYasser Arafat, Soha Arafat.

Informasi ini menghiasi pemberitaan media massa di Libya, dengan mengutip pernyataan dari sumber-sumber di Ramallah.

Surat kabar Al-Quds Al-Arabi yang terbit d London menyebutkankan, bahwa Gaddafi menugaskan anak lelakinya Sief al-Islam untuk mengurus pembelian rumah mewah seharga satu juta euro di ibukota Malta, Valleta dan mengkordinasikannya dengan pemerintah Malta agar Soha Arafat dan keluarganya bisa hidup nyaman dengan penjagaan aparat keamanan.

Rumah mewah itu, menurut surat kabar tersebut, berlokasi di sebuah distrik yang dikenal sebagai tempat pemukinan warga kelas atas di Malta. Gaddafi menugaskan tiga aparat keamanan Libya untuk menjaga keamanan Soha Arafat dan anak perempuannya yang berusia 13 tahun.

Sejak suaminya, Yasser Arafat wafat, Soha Arafat dikabarkan tinggal di Tunisia. Namun, berapa bulan lalu terbetik kabar bahwa pemerintah Tunisia mencabut status kewarganegaraan Tunisia yang diberikan pada Soha dan menyita rumah Soha di Tunisia, tanpa alasan yang jelas. Sejak itu, Soha meninggalkan Tunisia.

Saudara laki-laki Soha, Ghabi Al-Taweel, adalah duta besar Palestina untuk Malta. Soha diduga memilih tinggal dekat dengan saudara lelakinya itu, yang hidup di Malta bersama sang ibu Raymonda Al-Taweel. (ln/al-araby)