Mursi Tunjuk Anggota Salafi Sebagai Gubernur, Diprotes Oposisi Sekuler dan Liberal

mursi kttPresiden Mesir, Mohamed Morsi, telah menunjuk seorang anggota kelompok Islam Jamaah Islamiyah untuk menjadi gubernur Luxor – sebuah kota wisata di mana militan yang terkait dengan kelompok Jamaah Islamiyah telah  menewaskan 58 turis asing pada tahun 1997.

Simbolisme pengangkatan itu  membuat oposisi sekuler tidak puas dan marah, mereka melihatnya sebagai bukti bahwa Morsi tidak peduli tentang  pluralitas bangsa.

Pariwisata adalah sumber kehidupan provinsi  Luxor, lokasi dari beberapa kuil-kuil kuno eksentris Mesir dan beradanya makam fir’aun, termasuk makam Tutankhamun.

Praktisi industri pariwisata khawatir tentang dampak dari gubernur terpilih karena hubungannya dengan mantan militan Jamaah Islamiyah dan dugaan  kelompok Islam itu akan  menjalankan pemerintahan provinsi secara garis keras.

“Apakah tak terbayangkan bahwa mereka yang merencanakan, berpartisipasi atau memainkan peran dalam pembunuhan para turis di  Luxor, menjadi penguasa ?” , kata Tharwat Agamy, koordinator pariwisata Luxor.

Sebaliknya, sekutu Mursi melihat pemilihan gubernur itu adalah haknya sebagai presiden terpilih untuk memberikan para pendukungnya untuk posisi kunci di suatu provinsi. Tapi oposisi liberal dan sekuler merasa bahwa itu tidak mendukung situasi yang akan menyatukan negara dengan lebih netral.

Adel el-Khayat, gubernur baru Luxor, bukanlah anggota Ikhwanul Muslimin,  Tapi dia adalah tokoh Salafi terkemuka.  Pengangkatannya – salah satu dari 17 penggantian gubernur di provinsi provinsi Mesir.

Di Luxor sendiri, keputusan Morsi mendapat banyak tanggapan dan  kemarahan. “Bagaimana orang dari kelompok ini [Jamaah Islamiyah] akan mendorong pariwisata?” tanya Alaa Mahmoud, pemilik Magic Horizon, sebuah perusahaan pariwisata . “Tak seorang pun di Luxor inginkan dia. Begini caranya Morsi ingin menyelesaikan negeri?” (Guardian/Dz)