Negara-Negara Teluk Akan Tinggalkan Dollar

Menteri Luar Negeri dan Menteri Keuangan yang tergabung dalam Dewan Kerja Sama Negara-Negara Teluk Persia (PGCC), setuju untuk membuat mata uang bersama untuk wilayah Teluk pada tahun 2010.

Mereka memutuskan untuk menggunakan mata uang sendiri, setelah blok kerjasama negara Arab, Uni Emirat Arab menyerukan agar negara-negara Arab mengakhiri ketergantunga mereka terhadap mata uang dollar, yang nilainya terus merosot.

Untuk itu, menteri-menteri keuangan dewan kerja sama, akan menyiapkan pertemuan tingkat tinggi PGCC untuk membahas rencana pembelakuan mata uang bersama. "Terutama yang terkait dengan masalah bea cukai, moneter dan pembentukan pasar bersama bagi negara-negara yang menjadi pengekspor minyak terbesar di dunia, " kata Abdul Rahman Al-Attiyah di sela-sela pertemuan PGCC di Doha, Qatar.

Ia memastikan bahwa PGCC berupaya agar proyek ini dilakukan secepatnya dan pada tahun 2010 ditargetkan sudah terbentuk kesatuan moneter di wilayah Teluk antara lain negara-negara seperti Arab Saudi, Bahrain, Kuwait, Uni Emirat Arab, Qatar dan Oman. (ln/presstv)