PBB Jatuhkan Sanksi Baru, Iran Tetap Menolak untuk Tunduk

Iran menyatakan tidak akan tunduk dengan tekanan Dewan Keamanan PBB yang ingin menghentikan program nuklir Iran. Duta Besar Iran untuk PBB Muhammad Khazee menyatakan bahwa sanksi baru yang dijatuhkan PBB atas program nuklir Iran adalah tindakan yang ilegal.

"Dunia internasional sekali lagi menyaksikan makin menurunnya kredibilitas Dewan Keamanan yang tanggung jawab utamanya adalah menjaga perdamaian dan keamanan internasional. Dewan Keamanan sudah menjadi alat bagi kebijakan luar negeri segelintir negara, " kritik Muhammad Khazee.

Khazee menilai keputusan Dewan Keamanan PBB menjatuhkan sanksi baru pada Iran dalam pertemuan putaran ketiga kemarin, merupakan keputusan yang tidak adil. Di hadapan seluruh anggota DK PBB, Khazee mengatakan, dengan keputusan itu bagaimana bisa Dewan Keamanan bisa dipercaya sebagai dewan yang fair dan bisa diandalkan bagi keamanan dunia.

"Iran tidak bisa dan tidak akan menerima persyaratan yang cacat hukum. Kami tidak pernah berupaya memaksakan keinginan kami pada negara-negara lain. Maka kami juga bersikap sama, tidak akan membiarkan negara-negara lain memaksakan kehendaknya yang tidak adil pada kami, " tandas Khazee.

Ia juga menegaskan bahwa tekanan, intimidasi dan ancaman tidak akan membuat bangsa Iran menyerah untuk mempertahankan hak-haknya.

Dewan Keamanan PBB menjatuhkan sanksi baru terhadap Iran lewat voting, Senin (3/3) dengan dukungan 14 negara dari 15 negara. Cuma Indonesia yang bersikap abstein. Resolusi agar Iran diberi sanksi lagi adalah usulan dari negara Inggris, Prancis dan Jerman. Tiga negara plus AS yang selama ini berambisi menghentikan program nuklir Iran dengan menghembuskan tuduhan bahwa Iran memanfaatkan program nuklirnya untuk membuat senjata.

Padahal laporan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) menyimpulkan tidak ada indikasi bahwa Iran sedang mengembangkan persenjatan nuklir. Direktur Jenderal IAEA Muhammad ElBaradei bahkan menilai Iran sudah cukup kooperatif dalam pemeriksaan.

"Saya meminta Iran untuk tetap aktif dan kooperatif dalam bekerjasama dengan IAEA terkait dengan tuduhan yang serius ini, " kata ElBaradei kemarin.

Kenyataannya, meski tak ada bukti Iran mengembangkan senjata nuklir, DK PBB tetap menjatuhkan sanksi baru pada Iran dan merupakan sanksi ketiga PBB terhadap negara Para Mullah itu. Satu lagi bukti ketidakadilan PBB dan keberpihakan PBB atas kepentingan negara-negara besar. (ln/presstv/aljz)