Pengangguran Bermunculan Di Australia

Update tingkat pengangguran Australia secara tak terduga naik menjadi 5,3 persen pada Juli lalu. Ini karena ternyata saat ini di Negeri Kanguru itu orang yang mencari pekerjaan lebih banyak. Para investor menolak dolar sekaligus juga menolak kenaikan suku bunga resmi tahun ini.

Menurut Biro Pusat Statistik Australia, tingkat pengangguran naik dari 5,1 persen dibandingkan bulan Mei dan Juni.

Pasar tenaga kerja Australia sebenarnya merupakan salah satu tempat paling cemerlang dalam pemulihan ekonomi yang masih setengah-setengah ini.

Bidang lain dalam perekonomian kurang kuat. Pada Juni 2010, bisnis merosot ke titik terendah dalam 14 terakhir, menurut survei yang keluar awal pekan ini. Penjualan ritel tetap ada namun lambat. Pada Juni 2010 pula, sektor perumahan sementara itu terus mengalami penurunan dengan tingkat lelang dan kredit rumah baru menurun ke angka terendah pula sejak sembilan tahun terakhir.

Tingkat pengangguran terutama meningkat di wilayah pantai timur dan barat Australia.

Di New South Wales, tingkat pengangguran melonjak menjadi 5,6 persen pada Juli, dari 5,3 persen pada bulan Juni. Di Victoria pengangguran naik menjadi 5,5 persen dari 5,4 persen pada periode bulan lalu.

Di Queensland, tingkat pengangguran meningkat menjadi 5,6 persen dari 5,3 persen, sedangkan di Australia Barat, pengangguran meningkat menjadi 4,4 persen dari 4 persen. (sa/theage)