Perang Afghanistan Mencekik Rakyat Amerika

Perang Afghanistan semakin hari semakin menyedot kantong Amerika. Tahun ini, Obama telah meminta $ 33 miliar lebih untuk membantu mendanai 30.000 tentara tambahan yang dikirim ke Afghanistan. DPR menyetujui anggaran ini bulan lalu dan menambahkan miliaran dolar dalam pengeluaran non-militer. Lantas, siapa yang menjadi korban? Tiada lain tiada bukan, rakyat Amerika sendiri yang harus menanggung pajak.

Biaya perang sejauh ini

Menurut data, Kongres AS telah menggelontorkan dana tidak kurang dari $ 345 milyar sejauh ini untuk perang di Afghanistan. Dari jumlah itu, menurut Congressional Budget Office (CBO), sekitar $ 22 milyar dihabiskan dengan kegiatan yang terkait perang di negara lain.

Perbandingan anggaran dengan Perang Iraq

Sebesar $ 708 milyar telah tersedot mendanai perang Irak sejauh ini, kata CBO. Tapi Afghanistan menjadi medan perang yang lebih mahal, karena langkah operasi militer AS di Irak memperlambat dan mempercepat di Afghanistan.

Tahun fiskal saat ini, yang berakhir 30 September, menjadi tahun pertama dimana lebih banyak uang dialokasikan ke Afghanistan (sebesar $ 723 milyar), menurut National Priorities Project.

Anggaran untuk militer dan polisi Afghanistan

Lebih dari $ 25 miliar telah habis untuk pelatihan dan melengkapi Pasukan Keamanan Nasional Afghanistan yang terdiri dari tentara dan polisi, menurut Inspektur Jenderal Khusus untuk Rekonstruksi Afganistan. Ini dimaksudkan agar tentara dan polisi Afghanistan juga memerangi Taliban.

Biaya militer AS di masa depan

Beban masa depan menjadi tanda tanya, sebagian karena jumlah pasukan yang tidak pasti. Obama mengatakan ia ingin memulai penarikan pasukan dari Afghanistan pada pertengahan 2011, tapi itu akan tergantung pada kondisi di lapangan. Tidak ada batas waktu kapan penarikan ditetapkan.

Perkiraan biaya per pasukan per tahun di Afghanistan bervariasi dari $ 500.000 menjadi $ 1.000.000. Ini belum termasuk biaya medis dan kompensasi para veteran perang. (sa/thestar)