Pertama Kali, Saudi Bolehkan Perempuan Masuk Stadion

Eramuslim.com – Ratusan perempuan Arab Saudi memadati stadion olahraga untuk merayakan berlakunya peraturan baru di negara tersebut. Untuk pertama kalinya, perempuan Saudi dibolehkan masuk ke stadion King Fahd setelah bertahun-tahun dibatasi untuk masuk ke tempat umum itu.

Sebelumnya, stadion merupakan tempat khusus pria yang kebanyakan digunakan untuk pertandinganĀ sepak bola, pertunjukan musik, atau drama sejarah Saudi.

Para perempuan Saudi menyatakan rasa senang mereka dengan peraturan baru ini. Mereka berharap, pemerintah bisa memberikan hak sama dengan lelaki.

“Kami berharap ke depannya tidak akan ada lagi batasan di pintu masuk stadion kami. Selama bertahun-tahun saya berharap wanita diberi hak yang sama dengan laki-laki,” kata salah satu perempuan dari kota Tabuk, Um Abdulrahman, seperti dilansir dari laman Channel News Asia, Minggu (24/9).

Sebagai negara konservatif, Saudi memang memiliki batasan paling ketat di dunia untuk para wanita. Arab Saudi juga merupakan satu-satunya negara yang tidak mengizinkan para perempuan mengemudi, kecuali diberi izin oleh ayah atau saudara laki-laki.

Kini negara kerjaan tersebut melakukan beberapa perubahan atas beberapa peraturan sesuai dengan misi reformasi ekonomi dan sosial yang diprakarsai oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman bernama “Vision 2030”. (kl/mdk)

https://m.eramuslim.com/resensi-buku/167492.htm