Polisi Israel Menginterogasi Sheikh Raed Salah

Polisi Ashdod melakukan interogasi terhadap Sheikh Raed Salah, yang dituduh berperan dalam mengorganisir perlawanan terhadap pasukan komando Israel yang menyerang kapal Mavi Marmara. Interogasi terhadap Sheikh Salah tidak lama sesudah kapal Marmara bersandar di pelabuhan Ashdod, Selasa pagi.

Rencana Israel akan mendeportasi (memulangkan paksa) terhadap 700 aktivis yang sekarang ditahan di Ashdod. Tetapi bila mereka menolak untu dideportasi, maka pemerintahan Israel akan memasukkan penjara mereka.

Kapal Marmara berlabuh di pelabuan Ashdod, Senin petang, sesudah dikawal kapal perang Israel, dan dipaksa untuk berlabuh di pelabuhan Zionis-Israel. Kapal Mavi Marmara membawa 600 penumpang. sebagian besar mereka adalah aktivis kemanusiaan, tokoh-tokoh, dan bahkan ada seorang pemenang hadiah Nobel.

Demonstrasi juga berlangsung di Israel yang menentang tindakan Israel terhadap misi kemanusiaan. Di Damaskus berlangsung aksi demonstrasi di depan Gedung PBB, sambil membentangkan photo Sheikh Raed Salah, yang menjadi pemimpin Gerakan Islam di Utara Israel.

Diberitakan aksi kekerasan yang berlangsung di atas kapal Marmara itu, menyebabkan 8 pasukan komando Israel mengalami luka-luka, akibat perkalaian yang terjadi dengan para aktivis yang ada dalam kapal. (m/hartz)