Polisi Perancis Tangkap Militan Kristen Radikal yang Berencana Serang Masjid di Lyon

lyon attackersPolisi Prancis telah menangkap seorang prajurit muda karena dicurigai merencanakan serangan tembakan di sebuah masjid dekat kota timur Lyon, kementerian dalam negeri mengatakan , Minggu.

Pria yang berusia 23 tahun, tersangka.  Penyidik mengatakan yang bersangkutan  “dekat dengan radikal Kristen sayap kanan ,” ia ditahan di pangkalan udara dekat Lyon.

Dia ditahan pada Rabu dan didakwa dengan kepemilikan amunisi dan berencana untuk merusak tempat ibadah  Masjid yang dianggap ia sebagai “lembaga teroris.”

Para pejabat pengadilan menjelaskan bahwa dia mengatakan kepada penyelidik ,  ia berencana untuk menyerang dengan tembakan di Masjid Minguettes  di Venissieux, pinggiran kota Lyon, pada hari Kamis tepat di 1 Syawal .

Dia juga mengaku melemparkan unit pembakar di pintu masjid di barat daya Libourne pada Agustus tahun lalu. Tidak ada yang terluka dalam insiden tersebut dan  tidak menyebabkan kerusakan apapun.

Kerabat yang bersangkutan telah menghubungi polisi setelah mereka menemukan dokumen yang mencurigakan di tempatnya. (Arby/Dz)