Presiden Iran Akan Terbitkan Kumpulan Pidatonya

Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad dikabarkan akan menerbitkan kumpulan pidato-pidato dan tulisan-tulisannya. Antara lain yang berisikan seruan penghancuran Israel, surat yang pernah ditulisnya untuk Presiden AS George W. Bush serta pidato-pidatonya tentang program nuklir Iran.

Untuk itu, Ahmadinejad seperti dilansir Associated Press, sudah menunjuk 15 orang yang akan duduk dalam sebuah panel, dinamakan Dewan Pembuat Kebijakan dan Supervisi Penerbitan Pemikiran-Pemikiran dan Kerja Presiden. Ia juga dilaporkan sudah memerintahkan orang-orang dekatnya, untuk mengumpulkan dan menerbitkan pernyataan-pernyataan dan pemikiran-pemikiran yang telah dilontarkannya selama ini.

Namun niat Presiden Iran itu nampaknya tidak mendapatkan sambutan positif dari kalangan di Iran yang selama ini mengkritik kebijakan Ahmadinejad. Mereka menyebut pembentukan dewan itu sebagai alat propaganda bagi promosi Ahmadinejad menjelang pemilu presiden tahun 2009. Pembentukan dewan itu juga dianggap hanya akan menghabiskan uang rakyat.

"Dewan ini tak ada manfaatnya, dan cuma alat kampanye pemilu dengan menggunakan uang rakyat, " kata Saeed Shariati, pejabat senior dari partai Islam reformis, Partai Front Partisipasi Iran.

Sejauh ini memang belum ada informasi detil tentang rencana kerja dewan tersebut. Sejumlah penasehat Ahmadinejad masih belum bisa dihubungi untuk dimintai keterangan.

Beberapa kalangan di Iran, selama ini memang ada yang menilai Presiden Ahmadinejad terlalu sibuk dengan kecaman-kecamannya pada Barat, tapi tidak banyak melakukan sesuatu untuk mengatasi persoalan dalam negeri. Namun mayoritas rakyat Irak, hampir satu suara mendukung Ahmadinejad dalam membela hak Iran mengembangkan teknologi nuklirnya. (ln/arabworldnews)